Keefektifan Penggunaan Media Gambar Berantai dalam Pembelajaran Menulis Cerita Fabel Kelas VII

Dewi Iqomatul Laili, Iqbal Hilal, Eka Sofia Agustina

Sari


The purpose of this research was to know the effectiveness of the used of the media of the chain images compared with the use of single image media on the ability to write text fable story of class VII students of junior high school Al-Kautsar Bandar Lampung in year 2017/2018. The method used in this research was quantitative method. This research is an experimental research with pretest-posttest control group design. Data analysis technique is done by using t-test with 5% significant level. The results of this study showed that the experimental data of the experimental group and the control group obtained p value of 0.007<0.05 which means there is a significant difference. The average value of the experimental group increased 6.5 while the increase in the control group was not greater than the experimental group of 3.87. thereby the use of chain drawing media in learning to write text fable stories more effectively used.

Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan media gambar berantai dibandingkan dengan penggunaan media gambar tunggal terhadap kemampuan menulis teks cerita fabel siswa kelas VII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-postest control group design. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan data postest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai p sebesar 0.007 <0.05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan. Nilai rata-rata kelompok eksperimen mengalami peningkatan 6.5 sedangkan peningkatan pada kelompok kontrol tidak lebih besar dari kelompok ekperimen yaitu 3.87. dengan demikian penggunaan media gambar berantai dalam pembelajaran menulis teks cerita fabel lebih efektif digunakan.

Kata kunci: keefektifan, media gambar berantai, pembelajaran menulis fabel.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arsyad,Azhar. 2014. Media Pembelajaran .Jakarta: RajaGrafindo

Ayu, Putri.2017.Pengaruh Media Film Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fabel Peserta Didik Kelas VII MTs Sunan Giri Gresik Tahun Pelajaran 2017/2018. Universitas Negeri Surabaya.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. KBBI Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia.

Martono, Nanang. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Suparno,Yunus. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Utami, Rosi Nur Akbar. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Moral/Fabel Siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan. Universitas Negeri Padang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA)
 
Flag Counter