Kritik Sosial dalam Kumcer Yang Bertahan dan Binasa Perlahan dan Rancangan Pembelajarannya

Mohammad Ghufroni Anars, Munaris Munaris, Kahfie Nazaruddin

Sari


The problems discussed in this research were how the social criticism content in short story books yang bertahan dan binasa perlahan by Okky Madasari that we can see from social problems as the root of social criticism, the way author delivers the social criticism, the target of social criticism, and lesson plan at SMA. This reasearch was aimed to find out social criticism content in thirteen short stories that have been analyzed and as an alternative source in literature lesson plan at SMA.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kandungan kritik sosial dalam buku kumpulan cerpen Yang Bertahan dan Binasa Perlahan karya Okky Madasari dilihat dari masalah sosial yang muncul sebagai akar kritik sosial, cara pengarang menyampaikan kritik sosial, sasaran kritik sosial, serta rancangan pembelajarannya di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kandungan kritik sosial yang terdapat dalam tiga belas cerpen yang dianalisis, serta sebagai bahan yang dapat dijadikan alternatif rancangan pembelajaran sastra di SMA.

Kata kunci: kritik, sosial, dan rancangan pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Ismawati, Esti. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Surakarta: Yuma Pustaka.

Madasari, Okky. 2017. Yang Bertahan dan Binasa Perlahan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Teori Pengkajian Fiksi. Jogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Siswanto, Wahyudi. 2013. Pengantar Teori Sastra. Malang: Aditya Media.

Suyanto, Edi. 2012. Perilaku Tokoh Dalam Cerpen Indonesia. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Soekanto, Soerjono. 2017. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA)
 
Flag Counter