Konflik Tokoh Kumpulan Cerpen Sepotong Hati Yang Baru dan Implikasinya di SMP

Ervina Ervina, Iqbal Hilal, Bambang Riadi

Sari


The purpose of this study is to describe the conflict in a collection of short stories Sepotong Hati yang Baru and its implications for the study of literature in Junior High School. The mothod used was descriptive qualitative. Conflict contained in a collection of short stories Sepotong Hati yang Baru is human conflict with themself, human conflict with human, human conflict with nature, human conflict with society. Human conflict with themself is in the short story Hiks, Kupikir Itu Sungguhan and Sepotong Hati yang Baru,human conflict with human is in the short story Mimpi-mimpi SampekEngtay and Kalau Semua Wanita Jelek, human conflick with nature is in the short story Buat Apa Disesali, and human conflict withnature is in the short story Kisah Sie Sie and Itje Noerbaja & Kang Djalil. Conflict management contained in a collection of short stories Sepotong Hati yang Baru is the way of avoiding accommodation, collaboration.

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan konflik dalam kumpulan cerpen Sepotong Hati yang Baru dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMP. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Konflik yang terdapat dalam kumpulan cerpen Sepotong Hati yang Baru adalah konflik manusia dengan dirinya sendiri, konflik manusia dengan manusia, konflik manusia dengan alam, konflik manusia dengan masyarakat. Konflik manusia dengan dirinya sendiri terdapat pada cerpen Hiks, Kupikir Itu Sungguhan dan Sepotong Hati yang Baru, konflik manusia dengan manusia terdapat pada cerpen Mimpi-mimpi Sampek-Engtay dan Kalau Semua Wanita Jelek, konflik manusia dengan alam terdapat pada cerpen Buat Apa Disesali, dan konflik manusia dengan masyarakat terdapat pada cerpen Kisah Sie Sie dan Itje Noerbaja & Kang Djalil. Manajemen konflik yang terdapat dalam kumpulan cerpen Sepotong Hati yang Baru adalah cara menghindari, akomodasi, kolaborasi, kompetisi.

Kata kunci: konflik, cerita pendek, implikasi pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yokyakarta: Gadjah Mada University Prees.

Pickering, peg. 2006. How To Manage Conflict Kiat Menangani Konflik. Jakarta: Erlangga.

Rahmanto. 1988. Metode Pengajaran Satra. Yogyakarta: Kanisius.

Ratna, Nyoman Kutha. 2015. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusdiana. 2015. Manajemen Konflik. Bandung: Pustaka Setia.

Sutawijaya dan Rumini. 1996. Bimbingan Apresiasi Sastra Cerita Pendek dan Novel. Jakarta: Dedikbud.

Suroto. 1993. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Siswantoro, 2016. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Hendry Guntur. 2015. Prinsip Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA)
 
Flag Counter