Nilai-Nilai Sosial dalam Kumpulan Cerpen Berhala Karya Danarto dan Rancangannya di SMA
Sari
The purpose of this research was to describe the social values contained in a collection of short stories Berhala works Danarto and the design of literary learning in high school. The method used in this research was descriptive qualitative method. The results showed that the collection of short stories Berhala have a social value that can be used as a literary material in high school. Social values contained in the excerpt of dialogue in this collection of short stories include material value, vital value, and spiritual values. Spiritual values consist of the value of truth, the value of beauty, moral values and religious values. The results of the research can be used in the design of high school literature on short story materials in according to KD 3.8 Identify the life values contained in the collection of short stories that are read.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai sosial yang terdapat dalam kumpulan cerpen Berrhala dan rancangan pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desktiptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kumpulan cerpen berhala memiliki nilai sosial yang dapat dijadikan bahan ajar sastra di SMA. Nilai-nilai sosial yang terdapat pada kutipan dialog dalam kumpulan cerpen ini meliputi nilai material, nilai vital, dan nilai kerohanian. Nilai kerohanian terdiri dari nilai kebenaran, nilai keindahan, nilai moral dan nilai religius. Hasil penelitian dapat digunakan dalam perancangan pembelajaran sastra di SMA pada materi cerpen sesuai dengan KD 3.8 Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca.
Kata kunci: kumpulan cerita pendek, nilai sosial, dan rancangan pembelajaran
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Danarto. 2017. Berhala. Yogyakarta: CV Diva Press.
Endaswara, Suwardi. 2013. Sosiologi Sastra, Studi, Teori, dan Interpretasi. Yogyakarta: Penerbit Ombak
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Rajagrafindo Persada: Jakarta.
Setiadi, Elly M., Usman Kolip. 2011. Pngantar sosiologi sastra. Jakarta: Prenamedia Group
Siswantoro. 2016. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Soelaeman, Munandar M. 2007. Ilmu Budaya Dasar. Bandung : PT Refika Aditama.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.