Alih Kode dan Campur Kode pada Gelar Wicara Ini Talkshow serta Implikasinya

Engrid Septa Reni, Mulyanto Widodo, Eka Sofia Agustina

Sari


This research aimed to describe code-switching and code-mixing which were used in a conversation adopted from Ini Talkshow television program, the factors which caused the code-switching and the code-mixing, and also to implicate the research findings with Indonesian language learning in senior high school. The design of this research was descriptive-qualitative. The results showed that the dominant code-switching which was used in the conversation in Ini Talkshow was the External code-swicthing in form of transition from Indonesian to Javanese. The most influenced factor was the speakers themselves. The dominant code-mixing appeared in the conversation was the code-mixing in form of English words which were shaped into Indonesian word and the most influenced factor which affected the occurrence of the code-mixing was the linguistic elements. The results showed that the code-switching and the code-mixing could be implicated towards learning activity especially for Anecdotes Text for senior high school level.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan alih kode dan campur kode yang digunakan dalam tuturan pada Gelar Wicara Ini Talkshow, faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode yang terjadi, dan mengimplikasikan hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alih kode yang dominan digunakan dalam tuturan pada Gelar Wicara Ini Talkshow adalah alih kode eksternal berupa peralihan dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dan faktor penyebab yang paling mempengaruhi adalah faktor penutur. Campur kode yang dominan digunakan adalah campur kode berbentuk kata bahasa Inggris ke dalam struktur bahasa Indonesia dan faktor penyebab yang paling mempengaruhi terjadinya campur kode adalah kebahasaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alih kode dan campur kode dapat diimplikasikan terhadap pembelajaran Teks Anekdot di SMA.

Kata kunci: alih kode, campur kode, gelar wicara.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


A.R, Syamsudin, dan Damaianti, Visnia S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Aslinda dan Leni Syafyahya. 2014. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Refika Aditama.

Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Jakarta: Rineka Cipta.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, Lexy, J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rokhman, Fathur. 2011. Sosiolinguistik (Suatu pendekatan pembelajaran bahasa dalam masyarakat multikultural). Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA)
 
Flag Counter