PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN KELAS XI SMA NEGERI 1 METRO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Edi Parlindungan Tampubolon, Nurlaksana Eko Rusminto

Sari


This research was aimed to describe the learning of pantun writing at the eleventh grade students at SMAN 1 Metro in 2016/2017 academic year. The data were taken from the students pantun writing activities including the lesson plan (RPP), the teaching learning activities including teacher and students activities, and the learning assessment. This is a qualitative descriptive research. Based on the data analisys, several data in the form of lesson plan that complies with the guidelines of making lesson plans, implementation of learning which alredy contained the activities to observe, to question, to reason, to try and form grups in accordance with the adoption of a scientific approach, and assessment of learning performed by the teacher at the end of learning. The results show that the teaching learning plan, the teaching activities, and the learning assessment done by the teacher were in accordance with the assessment indicators.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran menulis Pantun di kelas XI SMA Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. Sumber data penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran menulis pantun di kelas XI SMA Negeri 1 Metro tahun pelajaran 2016/2017 yang meliputi aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pelaksanaan pembelajaran berupa aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan penilaian pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan data berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah sesuai dengan pedoman pembuatan RPP, pelaksanaan pembelajaran yang memuat kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan membentuk kelompok sesuai dengan penerapan pendekatan ilmiah, dan penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh Guru di akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru telah sesuai dengan indikator penilaian.

Kata kunci: menulis, pantun, pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Husnul, Ade. 2010. Ciri dan Karakteristik Pantun. Bogor: PT. Quadra Inti Solusi.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Suliani, Ni Nyoman Wetty. 2011. Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Lampung: Universitas Lampung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA)
 
Flag Counter