PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 METRO

Yuspa Fitri Meza, Ali Mustofa, Karomani Karomani

Sari


This research aimed to describe the learning of writing reviews text for 8th grade students at state junior high school 4Metro. Method that used in this study was qualitativedescriptive. The result of this study showed that the teachers have done three stages of learning, in cluding planning, implementation, and learning assessment. The lesson plan which was contained in RPP used by teachers by following the RPP formatin 2013 curriculum. In the implementation of learning it was found that some of teachers activities have fullfilled the learning concept of 2013 curriculum, by doing apperception activities, core activities, and closing activities. In the learning assessment of writing reviews text, it seems that the teachers only assess the attitudes and knowledge aspects. On the assessment of knowledge teachers assesed students work writing reviews text.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Metro tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deksriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan dalam pembelajaran, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Perencanaan pembelajaran tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan oleh guru bidang studi bahasa Indonesia dengan mengikuti format RPP kurikulum 2013. Pada pelaksanaan pembelajaran ditemukan bahwa beberapa memenuhi konsep pembelajaran kurikulum 2013, yakni telah dilakukan kegiatan apersepsi, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada penilaian pembelajaran menulis teks ulasan terlihat guru hanya menilai aspek sikap dan pengetahuan. Pada penilaian pengetahuan guru menilai hasil kerja siswa menulis teks ulasan.

Kata kunci: menulis, pembelajaran, ulasan.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Fadlillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA/M. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Isnatun, Siti dan Umi Farida. 2013. Mahir Berbahasa Indonesia. Bogor: Yudhistira.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA)
 
Flag Counter