KEMAMPUAN MENYIMAK WAWANCARA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SEKAMPUNG
Sari
This research aimed to describe the ability of seventh grade students of SMP Negeri 1 Sekampung 2014/2015 academic year in listening to the interview. Method which was used in this research was descriptive method. The results showed that the value of (a) aspects of what, who, when, where, and why were quite good once with an average of 99, 98, 96, 99, and 97, (b) aspects of how and aspects of targeting accuracy talks quite well with an average of 77 and 80, (c) aspects of the accuracy of speech and aspects of diction was quite average of 64 and 73, and (d) aspects of the important things in the interview as well as the determination of the pressure and the tone relatively less with an average of 57 and 55.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sekampung tahun ajaran 2014/2015 dalam menyimak wawancara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai (a) aspek what, who, when, where, dan why tergolong baik sekali dengan rata-rata 99, 98, 96, 99, dan 97, (b) aspek how dan aspek ketepatan sasaran pembicaraan tergolong baik dengan rata-rata 77 dan 80, (c) aspek ketepatan ucapan dan aspek diksi tergolong cukup dengan rata-rata 64 dan 73, dan (d) aspek hal penting dalam wawancara serta penetapan tekanan dan nada tergolong kurang dengan rata-rata 57 dan 55.
Kata kunci: kemampuan, menyimak, wawancara.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hermawan, Herry. 2012. Menyimak Keterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Tarigan, H. G. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.