PEMBELAJARAN TEKS SYAIR PADA KELAS VH DI SD AL KAUTSAR BANDARLAMPUNG

K Sugeng Prijono, Mulyanto Widodo, Edi Suyanto

Abstract


The problem in this research was how the poem text learning in class learning VH SD Al Kautsar Bandarlampung school year 2014/2015. The purpose of this study was to describe the lyric text learning in class VH SD Al Kautsar Bandarlampung school year 2014/2015. The research method used was descriptive qualitative. The result research showed there were three stages of learning. The lesson learning plan in the form of RPP prepared by the teacher was a structured lesson plan and in accordance with the learning material that will be taught. Implementation of learning included activities that teachers and learners of activities undertaken during the learning takes place. In the teacher activity, researchers used planning instruments implementation of learning, while activities of learners researchers used the instrument in making observations in the classroom. The planned assessment of teachers in the RPP included three types.

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran teks syair pada kelas VH SD Al Kautsar Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran teks syair pada kelas VH SD Al Kautsar Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang dipakai adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menujukkan tiga tahap pembelajaran. Perencanaan pembelajaran berupa RPP yang disusun oleh guru adalah RPP yang terstruktur dan sesuai dengan materi pembelajaran yang akan diajarkan. pelaksanaan pembelajaran meliputi aktivitas yang dilakukan guru dan aktivitas yang dilakukan peserta didik selama pembelajaran berlangsung. Pada aktivitas guru peneliti menggunakan instrumen perencanaan pelaksanaan pembelajaran, sedangkan aktivitas peserta didik peneliti menggunakan instrumen dalam melakukan observasi di kelas. Penilaian yang direncanakan guru dalam RPP meliputi tiga jenis.

Kata kunci: pembelajaran, sekolah dasar, teks syair.


Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar, 2013. Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: bumi Aksara.

Moloeng, Lexy. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Press.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Tarigan, Hendry Guntur, 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Winataputra, Udin. S. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Tangerang: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.