PENINGKATAN PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA TEKS BACAAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING

Rona Romadhianti, Karomani Karomani, Siti Samhati

Abstract


The problem in this research was the lack of students interest and achievement in conveying a meaning in reading text. The type of this research was the classroom action research which was conducted in two cycles. The result of this research were: (1) the implementation of discovery learning model by using LCD projector becomes the alternative option for the learning media which is more efective and efficient; (2) by implementing discovery learning model, the effectivily and efficiency of learning could be achieved; (3) the implementation of discovery learning model in reading skill of conveying the meaning could increase the students learning result.

Masalah dalam penelitian adalah kurangnya minat serta rendahnya prestasi siswa dalam membaca pemahaman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian adalah: (1) penerapan model discovery learning dengan bantuan media LCD proyektor menjadi alternatif pilihan media pembelajaran yang lebih efektif dan efisien; (2) melalui penerapan model discovery learning, pembelajaran yang efektif dan efisien dapat terwujud; (3) penerapan model discovery learning pada materi membaca pemahaman dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: discovery learning, hasil belajar, membaca pemahaman.


Full Text:

PDF

References


Ahuja, P. dan Ahuja, G.C. 2010. Membaca Secara Efektif dan Efisien. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Djarjowidjojo. 1995. Belajar Pembelajaran. Bandung: Angkasa.

Kemmis dan Mc Taggart. 1988. The Action Research Planner. Third edition. Victoria: Deakin University Press.

Maryunis, A. 2003. Action Research Dalam Bidang Pendidikan. Padang: UNP.

Setiyadi, B. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta: Anugerah Jaya.

Takari, E. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Ganesindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.