PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS XII

Kasiyah Kasiyah, Siti Samhati, Edi Suyanto

Abstract


The problem in this research was the ability to write of class XII student of SMAN 1 Ambarawa which was low. This study aimed to describe (1) Learning Implementation Plan (RPP) through problem-based learning model, (2) the implementation of learning through problem-based learning model, (3) assessment system of learning through problem-based learning model, and (4) the ability to write of class XII SMAN 1 Ambarawa through problem-based learning model. The method used was classroom action research. The results showed an increase in lesson plan (RPP) through problem-based learning model that was sufficient in cycle 1, cycle 2 increased to be good, and cycle 3 increased to very good. For the implementation of learning through problem-based learning model also increased, namely first cycle enough, the second cycle increased to good, and the third cycle increased to very good.

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis siswa kelas XII SMAN 1 Ambarawa tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui model pembelajaran berbasis masalah, (2) pelaksanaan pembelajaran melalui model pembelajaran berbasis masalah, (3) sistem penilaian pembelajaran melalui model pembelajaran berbasis masalah, dan (4) kemampuan menulis kelas XII SMAN 1 Ambarawa melalui model pembelajaran berbasis masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) melalui model pembelajaran berbasis masalah yaitu dari siklus 1 cukup, siklus dua meningkat menjadi baik, dan siklus tiga meningkat menjadi sangat baik. Untuk pelaksanaan pembelajaran melalui model pembelajaran berbasis masalah juga mengalami peningkatan, yaitu siklus I cukup, siklus II meningkat menjadi baik, dan siklus III meningkat menjadi sangat baik.

Kata kunci: menulis, pembelajaran berbasis masalah, peningkatan.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Maulana, Dani. 2014. Pendekatan Saintifik. Lampung: LPMP.

Slamet. St. Y. 2014. Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press

Thobroni.2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Predana Media Grup.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.