PANDANGAN DUNIA TOKOH MARGINAL NOVEL GADIS PANTAI DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA

Fathly Husnawan, Muhammad Fuad, Edi Suyanto

Abstract


The issues discussed in this research was the marginal figure worldview over the novel of Gadis Pantai and implications towards learning literature. The purpose this study was to describe the worldview using a genetic structuralism approach and applying it towards learning literature in the 1st semester of grade IX in Senior High School. The data in this study were analyzed by reading the entire novel, marking, and classifying it based on the aspects of genetic structuralism. The data analyzed in this study show the results worldview that expresses the aspirations of marginalized social groups to deliver a critique of the practice of the arbitrariness of feudal and imperialist rulers. The implications of the novel of Gadis Pantai in learning literature was intended to be an instructional tool to analyze the intrinsic and extrinsic elements.

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu pandangan dunia tokoh marginal dalam novel Gadis Pantai dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pandangan dunia dengan menggunakan pendekatan strukturalisme genetik dan mengimplikasikannya pada pembelajaran sastra di sekolah menengah atas (SMA) kelas XI semester 1. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan membaca keseluruhan isi novel, menandai, dan mengklasifikasikannya berdasarkan aspek strukturalisme genetik. Data yang dianalisis dalam penelitian ini menunjukkan hasil pandangan dunia yang mengekspresikan aspirasi golongan masyarakat marginal untuk menyampaikan sebuah kritik pada praktik kesewenang-wenangan penguasa yang feodalis dan imperialis. Pengimplikasian novel Gadis Pantai dalam pembelajaran sastra ditujukan untuk bahan ajar analisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik

Kata kunci: novel, pandangan dunia, pembelajaran unsur-unsur sastra.


Full Text:

PDF

References


Endraswra, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sosiologi Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Faruk. 2012. Pengantar Sosiologi Sastra. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Luxemberg, Jan van, Dkk. 1986. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.

Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Depdiknas. 2008. Panduan Materi SMA dan MA;Sastra Indonesia. Jakarta. Depdiknas.

Rahmanto. 1988. Metode Pengajaran Sastra.Kanisius:Yogyakarta.

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Denpasar: Pustaka Pelajar.

--------. 2010. Sastra dan Kultural Studi: Representasi Fiksi dan Fakta. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Setiyadi, Ag. Bambang. 2006. Metode Penelitian untuk Pengajaran Bahasa Asing Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Jogjakarta: Graha Ilmu.

Soerjono, Soekonto. 1990. Sosiologi Suatu Pengantar Jakarta: Rajawali Pers.

Toer, Pramoedya Ananta. 2011. Gadis Pantai. Jakarta: Lentera Dipantara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.