NILAI PENDIDIKAN DAN RELIGIUS NOVEL HAFALAN SHALAT DELISA SEBAGAI BAHAN AJAR SMP

Hesti Hesti, Edi Suyanto, Muhammad Fuad

Abstract


In this research is the issue of how religious education and values contained in the novel Hafalan Shalat Delisa by Tere Liye. As for the purpose of this study is to analyze and describe the educational and religious values embedded in the novel Hafalan Shalat Delisa by Tere Liye and test the worthiness as learning materials literature in junior high. The method used in this research is descriptive qualitative research method. The results showed that (1) in the novel Hafalan Shalat Delisa have educational value (honest, brave, wise, fair, mandate, responsibility, discipline, independent, shy, affectionate, wonderful, tolerance, and love of the nation) and religious (Islamic belief, values, and morals); (2) the novel Hafalan Shalat Delisa worthy as literary materials in junior high in terms of factors of language, psychology, and cultural background.

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah nilai pendidikan dan religius yang terdapat dalam novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan nilai pendidikan dan religius yang terdapat dalam novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye serta menguji kelayakannya sebagai bahan pembelajaran sastra di SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dalam novel Hafalan Shalat Delisa memiliki nilai pendidikan (jujur, berani, amanah, adil, bijaksana, tanggung jawab, disiplin, mandiri, malu, kasih sayang, indah, toleransi, dan cinta bangsa) dan nilai religius (nilai akidah, syariah, dan akhlak); (2) novel Hafalan Shalat Delisa layak sebagai bahan ajar sastra di SMP ditinjau dari faktor bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya.

Kata kunci: kelayakan bahan ajar, nilai pendidikan, nilai religius.


Full Text:

PDF

References


Aminudin, dkk. 2005. Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi Umum. Bogor: Ghalia Indonesia.

Antonius, dkk. 2004. Relasi dengan Tuhan. Jakarta: Gramedia.

Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter. Bandung: Nusa Media.

Liye, Tere. 2012. Hafalan Shalat Delisa. Jakarta: Republika Penerbit.

Lubis, Mawardi. 2011. Evaluasi pendidikan Nilai. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nashir, Haedar. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya. Yogyakarta: Multi Presindo.

Syarbini, Amirulloh. 2014. Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga. Jakarta: Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.