TINDAK TUTUR GURU YANG BERKARAKTER DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI TK
Abstract
This study aims to describe and explain the function forms of assertive , directive, expressive, commissive, and declarative charactered kindergarten teacher in the learning activities. This research method is descriptive qualitative. The research data in the form of speech functions assertive, directive, expressive, commissive, and declarative characterised kindergarten teacher. The data collecting technique used was observation, recording, and field note. Data analysis was performed with the heuristic analysis. The result of the researh shows that the functions of kindergarten speech potentially forming the student characters is the assertive speech act of stating, reporting, proposing and complaining. Secondly, The directive speech act are asking, ordering, and advising. Thirdly, The expressive speech act are gratitude, apology, gratitude, and critisizing. Fourthly, The commisive speech act are promising, offering and threatening. Finally, declarative speech act are deciding, forbiding, permitting, punishing and apology.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bentuk-bentuk fungsi tindak tutur asertif, direktif, ekspresif, komisif, deklaratif guru TK yang berkarakter dalam kegiatan pembelajaran. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa fungsi tindak tutur asertif, direktif, ekspresif, komisif, deklaratif guru TK yang berkarakter. Teknik pengumpulan data dengan observasi, rekaman, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan analisis heuristik. Hasil penelitian menunjukkan fugsi tindak tutur guru TK yang berpotensi membentuk karakter siswa adalah tindak tutur asertif menyatakan, melaporkan, mengusulkan, dan mengeluh. Tindak tutur direktif meminta, memerintah, dan menasehati. Tindak tutur ekspresif mengucapkan terimakasih, mengucapkan maaf, memuji, dan mengkritik. Tindak tutur komisif menjanjikan, menawarkan, dan mengancam. Tindak tutur deklaratif memutuskan, melarang, mengabulkan, menghukum, dan memaafkan.
Kata kunci: kegiatan pembelajarah di TK, tindak tutur, tindak tutur guru yang berkarakter.
Full Text:
PDFReferences
Licona, Thomas. 2012. Mendidik untuk Membentuk Karakter. Bandung: Bumi Aksara.
Miles, Matthew B dan huberman, A Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta. Universitas Indonesia Press.
Patmonodewo, Soemiarti. 2008. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: PT RinekaCipta.
Rusminto, Nurlaksana Eko. 2010. Memahami Bahasa Anak-Anak: Sebuah Kajian Analisis Wacana Panduan bagi Guru, Orang tua, dan Mahasiswa Jurusan Bahasa. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Schiffrin, Deborah. 1994. Approaches Discourse. Massa Chuasetts: Blackwell Publihers.
Zainal, Sujak. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
situs toto