PENGGUNAAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA

Sriana Ezabella, Edi Suyanto, Muhammad Fuad

Abstract


This research aims to increase the learning process and result of writing script of drama by using comic media at the students of SMAN 8 Bandar Lampung. The research is classroom action research which uses qualitative descriptive. Data collection uses the activities of teachers and students in learning process and students’ skill of writing script of drama by using comic media. The results show that the students’ skill in writing script of drama increase from cycle I (57 % ), cycle II ( 61,32 % ) to cycle III (74,1 %) the minimum mastery learning criteria 71. The students’ activity increase from cycle I 63,14 %, cycle II 70 % until cycle III 81,29%. It shows that the students learning activity more active. It is concluded that the use of comic media can increase of student’s skill and activity of writing script of drama, for the students of SMAN 8 Bandarlampung.

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar menulis naskah drama dengan menggunakan media komik siswa SMA Negeri 8 Bandarlampung. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif- kualitatif melalui pendekatan PTK ( penelitian tindakan kelas). Data yang diambil berupa aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran dan kompetensi siswa dalam menulis naskah drama dengan menggunakan media komik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi siswa dalam menulis naskah drama meningkat dari siklus I 57%, siklus II 61.32 %,sampai siklus III mencapai 74,1 % dengan KKM 71. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I rata-rata 63,14 %, siklus II menjadi 70%, sampai siklus III menjadi 81,29%. Hal ini menunjukan proses pembelajaran lebih aktif. Dapat disimpulkan penggunaan media komik dapat meningkatkan kompetensi dan aktivitas pembelajaran menulis naskah drama siswa SMA N 8 Bandar lampung.

Kata kunci: media komik, menulis naskah drama, siswa.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. PROSEDUR PENELITIAN Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka.

Nurgiyantoro, B. 1995. Teori Pengkajian Fiksi. Jogyakarta: Gajah Mada Universitas Press.

Sadiman,Arief S. dkk. 2009. MEDIA PENDIDIKAN. Pengertian, Pengembangan, dan Manfaat. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Semi, M. Atar. 2007. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Sujana, Nana dan Rivai Ahmad. 1991. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Sumiati dan Asra.2007. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Tarigan, Henri Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.