KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II DALAM MENULIS PUISI

Surasa Surasa, Mulyanto Widodo, Edi Suyanto

Abstract


The goal of this research is to describe the difference between students’ writing poetry ability by using cooperative learning model of jigsaw II and conventional model. It’s also describing the effectiveness of those models to increase the students’ writing poetry ability.This true experiment is treated to the students of class VII SMP Negeri 3 Pringsewu with 240 populations. The data of research is collected by doing the writing test of poetry. The technique is to analyse t-test data.The result shows that there is a significant difference between the students’ writing poetry ability by using learning model of jigsaw II with conventional learning model that is (t-arithmetic 35.310 > t-table 1.688) and the use of jigsaw II model is more effective than by using conventional learning model with the rank of effectiveness is 14.70 % versus 9%.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan menulis puisi pada siswa yang menggunakan perlakuan model pembelajaran tipe jigsaw II dan model konvensional dan mendeskripsikan keefektifan model tersebut dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Penelitian ini bersifat eksperimen murni yang dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pringsewu dengan populasi 240 responden. Data penelitian dikumpulkan melalui tes menulis puisi dengan teknik analisis uji t-test data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis puisi pada siswa yang menggunakan perlakuan model pembelajaran jigsaw II dan model pembelajaran konvensional (t-hitung 35,310 > ttabel 1,688) dengan penggunaan model jigsaw II lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dengan tingkat keefektifan 14,70% berbanding 9%.

Kata kunci: jigsaw II, kemampuan menulis, siswa.


Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Ismail, Taufik. 2003. Agar Anak Bangsa Tak Rabun Membaca Tak Pincang Mengarang. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Setiyadi, Ag. Bambang. 2006. Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Asing (Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif) . Yogyakarta: Graha Ilmu.

Slavin, E. Slavin. 2009. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Diterjemahkan oleh Nurulita. Bandung: Nusa Media.

Starthern, Paul. 1997. 90 menit bersama aristoteles. Erlangga: Jakarta.

Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka Depdiknas.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.