PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPTIF
Abstract
Pengkajian ini merupakan pengkajian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes secara langsung terhadap peserta didik. Pengkajian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana penguasaan kosakata peserta didik terhadap keterampilan menulis teks deskripsi. Penguasaan kosakata adalah penguasaan kebahasaan yang harus dikuasai peserta didik untuk melakukan kegiatan berbahasa secara tepat dan benar. Dengan menguasai kosakata yang baik diharapkan peserta didik akan mampu menulis teks khususnya teks deskprisi dengan baik pula.
This study is a descriptive study. Data collection was carried out using the test method directly on students. This study aims to describe how students' vocabulary mastery of the skills of writing descriptive text. Vocabulary mastery is mastery of language that must be mastered by students to carry out language activities appropriately and correctly. By mastering a good vocabulary, it is expected that students will be able to write texts, especially descriptive texts well too.
Keywords: Vocabulary, Text Description, Study
DOI Artikel: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v9i2.2021.4
Full Text:
PDFReferences
Akhadiah.S. (1990). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Arifin dan Tasai. (2006). Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta : Akademika Presindo.
Atmazaki. (2006). Kiat-kiat Mengarang dan Menyunting. Padang : Citra Budaya Indonesia.
Keraf, Gorys. (2006). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta : PT. Gramdia Pustaka Utama.
Kosasih. (2001). Kompetensi Ketatabahasaan. Bandung: Yrama Widya.
Soedjito. (1990). Pengajaran Kosakata Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
situs toto