PENERAPAN FITUR-FITUR TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TINGKAT SMA/SMK

Robi Hasanatun Salamah, Sarah Dhiba Rangkuti, Santi Noviyana

Abstract


Media pembelajaran merupakan bagian yang penting dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran bermanfaat dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Oleh karena itu, pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat mewujudkan situasi pembelajaran yang lebih efektif. Selain itu, pemilihan media pembelajaran harus diselaraskan dengan perkembangan teknologi. Aplikasi Tik Tok merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan di era digital saat ini. Penggunaan aplikasi ini menjadi media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan karena sangat dekat dan lekat dengan peserta didik. Penggunaan aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran juga diharapkan membantu peserta didik dalam memahami proses pembelajaran yang dilakukan pendidik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Untuk mengetahui keefektivan pemanfaatan aplikasi Tik Tok dalam pembelajaran bahasa Indonesia tingkat SMA/SMK maka diperlukan penelitian lanjutan.

 

Learning media is an important part of the learning process. Learning media is useful in increasing student’s interest in learning. Therfore, choosing the right learning media can create a more effective learning situation. In addition, the selection of learning media must be aligned with technological development. Tik Tok application is a learning media that can be used in today’s digital era. The use of this application as an interesting and fun learning media because it is very close and attached to students. The use of the Tik Tok application as a learning media is also expected to help students understand the learning process carried out by educators. This study uses a qualitative descriptive research design. To find out the effectiveness of the Tik Tok application in improving student learning outcomes in Indonesian language for senior high school subjects, further research is needed.

Keywords: Media; Learning; Features; Tik Tok.

DOI Artikel: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v9i2.2021.3


Full Text:

PDF PDF

References


Aditya Edwin, Fadil. 2022. Easy Tik Tok Marketing. Bandung: PT. Kiblat Pengusaha Indonesia

Hardini, Isriani, Dewi Puspitasari. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep, dan Implementasi). Yogyakarta: Familia (Group Relasi Inti Media).

Sit, Masganti. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Medan: Perdana Publishing.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabet.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Zuchdi, Darmiyati. 2008. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca. Yogyakarta: Unit Percetakan dan Penerbitan UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


7 togel

sedunia toto

slot gacor

rtp slot

situs toto

kingwoodcarcare.com

situs toto

ROGTOTO

ROGTOTO

toto togel

slot dana

slot dana

bo togel

bandar toto online

slot88

situs toto

situs toto

toto togel

togel online

slot777

topup murah

harapan777

situs toto

AMDBET

cie4d

slot thailand

slot gacor

slot online

slot maxwin

https://souzokuzei-fukuyama.com/declaration.html

situs toto

kas77

Slot gacor

slot

link jepang88

neng4d kangtoto kangtoto2

judi slot

slot gacor

barbartoto

barbartoto

toto slot

slot depo 5k

winter 4d

situs slot

toto slot 4d

toto

slot depo 10k

slot gacor