PENERAPAN FITUR-FITUR TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TINGKAT SMA/SMK
Abstract
Media pembelajaran merupakan bagian yang penting dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran bermanfaat dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Oleh karena itu, pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat mewujudkan situasi pembelajaran yang lebih efektif. Selain itu, pemilihan media pembelajaran harus diselaraskan dengan perkembangan teknologi. Aplikasi Tik Tok merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan di era digital saat ini. Penggunaan aplikasi ini menjadi media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan karena sangat dekat dan lekat dengan peserta didik. Penggunaan aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran juga diharapkan membantu peserta didik dalam memahami proses pembelajaran yang dilakukan pendidik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Untuk mengetahui keefektivan pemanfaatan aplikasi Tik Tok dalam pembelajaran bahasa Indonesia tingkat SMA/SMK maka diperlukan penelitian lanjutan.
Learning media is an important part of the learning process. Learning media is useful in increasing student’s interest in learning. Therfore, choosing the right learning media can create a more effective learning situation. In addition, the selection of learning media must be aligned with technological development. Tik Tok application is a learning media that can be used in today’s digital era. The use of this application as an interesting and fun learning media because it is very close and attached to students. The use of the Tik Tok application as a learning media is also expected to help students understand the learning process carried out by educators. This study uses a qualitative descriptive research design. To find out the effectiveness of the Tik Tok application in improving student learning outcomes in Indonesian language for senior high school subjects, further research is needed.
Keywords: Media; Learning; Features; Tik Tok.
DOI Artikel: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v9i2.2021.3
References
Aditya Edwin, Fadil. 2022. Easy Tik Tok Marketing. Bandung: PT. Kiblat Pengusaha Indonesia
Hardini, Isriani, Dewi Puspitasari. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep, dan Implementasi). Yogyakarta: Familia (Group Relasi Inti Media).
Sit, Masganti. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Medan: Perdana Publishing.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabet.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Zuchdi, Darmiyati. 2008. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca. Yogyakarta: Unit Percetakan dan Penerbitan UNY.
Refbacks
- There are currently no refbacks.