TUTURAN BERTANYA DALAM DISKUSI PADA MPK BAHASA INDONESIA DI MATEMATIKA FMIPA UNILA

Zulkifli Zulkifli, Nurlaksana Eko Rusminto, Wini Tarmini

Abstract


This research is intended to describe quetion discourse in discussion on Indonesian MPK at Mathematics Department of FMIPA of Lampung University Academic Year 2012 / 2013. The method that is used in this research is descriptive qualitative.  Question discourse as directive speech act was found. Based on its  communicative function, question discourse was found in form of question speech act, anger, ensuring, limiting, commanding, reason, permit, explanation, comment, allowing, questioning, adding, recalling, explaining, blaming, intimidating, hesitating, revising, despising, and convincing. Based on its conversation principles, question discourse was found in form of ; those that fulfill the collaboration principle and the politeness principle; those that fulfill the  collaboration principle but don't fulfill the politeness principle; those that don’t fulfill the  collaboration principle but fulfill the politeness principle; and those that don't fulfill both  the  collaboration principle and  politeness principle.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tuturan bertanya dalam diskusi pada MPK Bahasa Indonesia di Jurusan Matematika FMIPA Unila Tahun Akademik 2012/2013.Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Setelah dianalisis ditemukan tuturan bertanya berupa tindak tutur direktif. Berdasarkan fungsi komunikatifnya, ditemukan tuturan bertanya berupa tindak tutur bertanya, marah, memastikan, membatasi, memerintah, meminta, meminta alasan, meminta izin, meminta penjelasan, meminta tanggapan, mempersilakan, mempertanyakan, menambahkan, mengingatkan kembali, menjelaskan, menyalahkan, menyudutkan, meragukan, meralat, meremehkan, dan meyakinkan. Berdasarkan kelangsungan tuturannya, ditemukan tuturan bertanya berupa tindak tutur langsung (direct speech acts) pada sasaran dan dengan argumentasi, dan tidak langsung (indirect speech acts). Berdasarkan prinsip-prinsip percakapan, ditemukan tuturan bertanya yang mematuhi prinsip kerja sama dan mematuhi prinsip sopan santun; mematuhi prinsip kerja sama, tetapi tidak mematuhi prinsip sopan santun; tidak mematuhi prinsip kerja sama, tetapi mematuhi prinsip sopan santun; dan tidak mematuhi prinsip kerja sama dan tidak mematuhi prinsip sopan santun.

Kata kunci: bahasa Indonesia, diskusi, MPK, tuturan bertanya.


Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti dkk.1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Alwasilah, A. Chaedar. 1984. Linguistik: Suatu Pengantar. Bandung: Angkasa (tidak ada yang dikutip)

Arsjad, Maidar G. dan Mukti U.S. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Aslinda dan Leni Syafyahya. 2010. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: PT Refika Aditama

Brown, Gilian dan George Yule. 1996. Analisis Wacana ̶ Discourse Analysis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta

____. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta

Chaer, Abdul. 1994. Linguitik Umum. Jakarta: Rineka Cipta

Cummings, Louise. 2007. Pragmatik: Sebuah Perspektif Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Depdikbud. 1999. Pedoman Pemilihan Bahan Ajar Sastra. Jakarta: Depdikbud

____.2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Balai Pustaka

____. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Balai Pustaka

Djajasudarma, Fatimah. 2006. Wacana-Pemahaman dan Hubungan Antarunsur. Bandung: Refika Aditama

____. 2012. Wacana dan Pragmatik. Bandung: PT Refika Aditama

Fuad, Muhammad dkk. 2005. Penggunaan Bahasa Indonesia Laras Ilmiah. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Jendra, Made Iwan Indrawan. 2010. Sociolinguistics: The Study of Societies Languages. Yogyakarta: Graha Ilmu

Kentjono, Djoko. 1982. Dasar-Dasar Linguistik Umum. Jakarta: Fakultas Sastra Universitas Indonesia

Keraf, Gorys. 1994. Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Cetakan X. Ende Flores: Nusa Indah

_____. 2003. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kridalaksana, Harimurti. 1983. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia

Leech, Geoffrey. 1983. Principles of Pragmatics. London: Longman

_____. 2011. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia Press

Lubis, Hamid Hasan. 2011. Analisis Wacana Pragmatik. Bandung: Angkasa

Mar’at, Samsunuwiyati. 2009. Psikolinguistik: Suatu Pengantar. Bandung: PT Refika Aditama

Molleong, Lexy J. 1994. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosda Karya

Mustakim. 1994. Membina Kemampuan Berbahasa: Panduan ke Arah Kemahiran Berbahasa. Jakarta: Gramedia

Nadar, F.X. 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu

Pateda, Mansoer. 1987. Sosiolinguistik. Bandung: Angkasa

Pidarta, I Made. 1997. Landasan Pendidikan. Jakarta: Rhineka Cipta

Rahardi, R. Kunjana. 2008. Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

_____. 2009. Sosiopragmatik. Jakarta: Erlangga

Robins, G.H. 1984. General Lingusitics: An Introductory Survey. London: Langman

Rusminto, Nurlaksana Eko. 2009. Analisis Wacana Bahasa Indonesia (Bahan Ajar). Bandarlampung: Universitas Lampung

Sakri, Adjat. 1995. Bangun Kalimat Bahasa Indonesia. Bandung: ITB

Schiffrin, Deborah. 1994. Approaches to Discourse. Oxford: Blackwell

Setiadi, Bambang. 2006. Metode Penelitian untuk Pengajaran Bahasa Asing: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sumiati dan Asra, M. Ed. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Taniredja, Tukiran dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfbeta

Universitas Lampung. 2007. Format Penulisan Karya Ilmiah. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Verhaar, J.W.M. 1978. Pengantar Linguistik I. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

_____. 1980. Teori Linguistik dan Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Kanisius

Wibowo, Wahyu. 2010. Tata Permainan Bahasa Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara

Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.