KETERAMPILAN BERBICARA DALAM BAHASA INDONESIA MELALUI GELAR WICARA PADA KELAS XI SMA

Badiah Badiah, Nurlaksana Eko Rusminto, Muhammad Fuad

Abstract


The low skill in speaking Bahasa appropriately has become learning’s problem. To overcome it, there must be a proper way in increasing speaking skill. One proper way is talk show which has been an interesting media. The problem is how to develop student's speaking skill in Bahasathrough talk show? The aim is increasing student's achievement and speaking skill through talk show using descriptive qualitative through classroom action research with communicative approach. The procedure is done in three cycles. The object is class XI IPA-1 SMAN 6 Bandar Lampung, where there are 31 female and 9 male students. The test used is oral test (talk show). The result shows; first, the score is around 71,63 means enough (62,5%), second, 8,69 means good (82,5%), and third, 85,56 means better (100%). Conclucion is, developing students’ speaking skill in Bahasa through talk show can increase students’ skill.

Rendahnya keterampilan berbicara yang baik dan benar menjadi permasalahan tersendiri dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan cara yang tepat dalam meningkatkan keterampilan berbicara, misalnya melalui gelar wicara. Oleh karena itu, masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara dalam bahasa Indonesia melalui gelar wicara? Tujuan penelitian ini adalah peningkatan keterampilan siswa dalam berbicara melalui gelar wicara dengan metode peneltian tindakan kelas dan pendekatan komunikatif. Prosedur penelitian sebanyak tiga siklus. Objek penelitian adalah kelas XI IPA-1 SMAN 6 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri atas 31 siswa putri dan 9 siswa putra dengan tes lisan melalui gelar wicara. Hasil penelitian diperoleh rata-rata pada siklus satu 71,63 kategori cukup (62,5%), siklus dua 78,69 kategori baik (82,5%), dan siklus tiga ( 85,56) kategori sangatvbaik (100%). Kesimpulannya keterampilan berbicara dalam bahasa Indonesiavmelalui gelar wicara dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Kata kunci: gelar wicara, keterampilan berbicara, peningkatan.


Full Text:

PDF

References


Arsjad dan Mukti. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departemen pendidikan Nasional. 2006. Model Kurikulum Satuan Pendidikan dan Model Silabus Mata Pelajaran SMA/SMK. Jakarta: BP. Cipta Karya.

Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Refika Aditama.

Iskandarwassid dan Suhendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Joyce, Weil dan Calhoun. 2011. Models of Teaching (Model-model Pengajaran). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muslih, Masnur. 2011. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Novia, Astri. 2012. Panduan Lengkap Pidato dan MC untuk Pemula. Jakarta: Suka Buku.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Sulastri. 2008. Peningkatan Keterampilan Berwawancara dalam Bahasa Indonesia Melalui Gelar Wicara. Jakarta: UNJ.

Suyadi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Andi.

Tarigan, Henri Guntur. 2008. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.