HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT EFEKTIF DENGAN KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI

Neneng Sulasmi, Edi Suyanto, Siti Samhati

Abstract


Writing is an important aspect in conveying messages and feelings in writing. Problems when students are given task of writing still found difficulty in developing students paragraphs mastery of vocabulary and sentence he made illogical. Research method using a korelasional approach. Analysis using technique of correlation of product moment. sample in study as many as 42 students. Research was obtained by tests of vocabulary and ability to put together sentences that are objective and essay writing skills, while exposition is obtained from results of students. Based on discussion analysts and inconclusive there is a positive connection closely, and significant between mastery vocabulary by skill writing exposition,there is a positive connection closely, and significant between ability compose a sentence effective with skill writing exposition, there is a positive relationship, intimately, and significant mastery of vocabulary, and ability to devise effective sentence writing skills with exposition.

Menulis merupakan aspek penting dalam menyampaikan pesan dan perasaan dalam bentuk tulisan. Dalam kenyataannya ketika diberikan tugas menulis masih banyak siswa mengalami kesulitan. Tujuan penelitian mendeskripsikan hubungan penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis eksposisi, hubungan kemampuan menyusun kalimat efektif dengan keterampilan menulis eksposisi hubungan penguasaan kosakata dan kemampuan menyusun kalimat efektif dengan keterampilan menulis eksposisi siswa kelas XI SMA N 15 Bandar Lampung. Penelitian menggunakan metode korelasional. Analisis data menggunakan teknik korelasi produk moment. Sampel 42 siswa. Data diperoleh dari tes kosakata, kemampuan menyusun kalimat dan keterampilan menulis eksposisi. Hasil analisis terdapat hubungan positif, erat, dan signifikan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis eksposisi, terdapat hubungan positif, erat, dan signifikan antara kemampuan menyusun kalimat efektif dengan keterampilan menulis eksposisi, terdapat hubungan positif, erat, dan signifikan penguasaan kosakata, dan kemampuan menyusun kalimat efektif dengan keterampilan menulis eksposisi.

Kata kunci: kalimat efektif, kosakata, menulis eksposisi.


Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti. dkk. 1996. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, S. 2004. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Keraf, Gorys 1980. Eksposisi dan Deskripsi. Ende-Flores:Nusa Indah.

Kosasih. 2008 Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: Yrama Widya.

Nurjamal. 2010. Penuntun Perkualiahan Bahasa Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Parera. Jos Daniel. 2007. Belajar Mengemukakan Pendapat. Jakarta: Erlangga.

Soedjito. 1992. Kosakata Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Surakhmad, Winarno. 2004. Pengantar Penelitian Ilmu Dasar Metode dan Teknik.Bandung: PT. Tarsito.

Tarigan, Hendri Guntur. 1992. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.