Pengembangan LKPD Menulis Laporan Hasil Observasi Berbasis PJBL Untuk Peserta Didik SMP

Errin Andriyanti, Iing Sunarti, Siti Samhati

Abstract


This study aims to produce teaching material products (LKPD), the feasibility of LKPD writing observation reports, and to find out the effectiveness of LKPD which were developed based on the assessment of media experts, material experts, and practitioners. , teachers, and students. The method used in this research is Research & Development Sugiyono (2015: 35). The data collection techniques used were observation, interview, and questionnaire distribution to three junior high school schools, namely SMPN 1 Natar, SMP Budi Karya Natar, and SMP Yadika Natar. Product design validation was carried out by relevant experts and peer assessments, then tested on students in the three junior high schools. The results showed that the LKPD writing observation reports based on Project Based Learning was successfully developed.

 

Keywords: teaching materials, LKPD, observation report, project based learning.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar (LKPD), menguji kelayakan LKPD menulis laporan hasil observasi, dan mengetahui efektivitas LKPD menulis laporan hasil observasi berbasis Project Based Learning untuk peserta didik kelas VII SMP yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, ahli praktisi, guru, dan peserta didik.

Metode yang digunakan dalam  penelitian ini adalah Research & Development Sugiyono (2015: 35). Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan penyebaran angket pada tiga sekolah, yaitu SMP Negeri 1 Natar, SMP Budi Karya Natar, dan SMP Yadika Natar. Validasi rancangan produk dilakukan oleh ahli/pakar yang relevan dan penilaian teman sejawat, kemudian diujicobakan kepada peserta didik di tiga SMP tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD Menulis Laporan Hasil Observasi Berbasis Project Based Learning berhasil dikembangkan.

 

Kata kunci: bahan ajar, LKPD, laporan hasil observasi, project based learning.

 

 


Full Text:

PDF

References


Arizona, Nadia. 2019. “Pengembangan LKPD Menulis Teks Anekdot Berbasis Project Based Learning untuk Siswa Kelas IX SMK”. J-Simbol. 7(2): 1-10.

Choo, Serene S.Y dkk. 2011. “Effect of Worksheet Scaffolds on Students Learning in Problem Based Learning”. Journal Adv in Health Science Education, Springerlink. 16:517–528.

Depdikans. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjendikdasmen.

_________. 2008. Standar Isi Untuk Pendidikan Satuan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas

Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 24 Tahun 2016 tentangKompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Purba, Krisna Desi. 2014. “Efektivitas Metode PjBL dalam Meningkatkan Keterampian Menulis Karangan Narasi Peserta didik Kelas VII SMP”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra UPI. 17(3): 21-27.

Soraya, Artifa. 2014. “Pengembangan Bahan Ajar Teks Laporan Hasil Observasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Kelas VII SMP”. NOSI. 2(2): 1-8.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA: Bandung.

Sutikno, M. Sobry. 2014. Metode & Model-model Pembelajaran. Lombok: Holistic.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.