Pengembangan Modul Menulis Sastra Lama Berbasis Photo Story Untuk Siswa SMP

Ribut Wibowo, Mulyanto Widodo, Edi Suyanto

Abstract


The problem in this research is related to the development of old story writing modules based on photo stories. The research objective is to produce a module product and describe the feasibility of the module "Practical Tips for Writing Old Literature". The research method uses seven of the ten steps in the development research procedure according to Borg and Gall. Technical data collection by observation, interview, and questionnaire distribution in three schools. The results showed 1) successfully developed the module "Practical Tips for Writing Old Literature", 2) the module's overall feasibility was declared "very feasible" by material experts, media experts, and practitioners with 94, 76, and 84 assessment scores, assessment of Indonesian language teachers obtained an average score of 91.6%, an assessment of 90 students during the extensive field test obtained an average score of 81.77%.

Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan pengembangan modul menulis sastra lama berbasis photo story. Tujuan penelitian yakni menghasilkan produk modul dan mendeskripsikan kelayakan modul “Kiat Praktis Menulis Sastra Lama”. Metode penelitian menggunakan tujuh dari sepuluh langkah dalam prosedur penelitian pengembangan menurut Borg and Gall. Teknis pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan penyebaran angket di tiga sekolah. Hasil penelitian menunjukkan 1) berhasil dikembangkan modul “Kiat Praktis Menulis Sastra Lama”,  2) kelayakan modul secara keseluruhan dinyatakan “sangat layak” oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi dengan persentase penilaian 84, 76, dan 94, penilaian guru bahasa Indonesia diperoleh skor rata-rata 91,6%,  penilaian 90 siswa saat uji lapangan luas diperoleh skor rata-rata sebesar 81,77% .

 

 

Kata kunci: Menulis Sastra Lama, Modul, dan Photo story

 

 


Full Text:

Untitled PDF

References


Belawati, Tian. 2003. Materi Pokok Pengembangan Bahan Ajar Edisi Ke Satu. Jakarta: Universitas Terbuka.

Borg, W.R. dan Gall, M.D. 1989. Educational Research: An Introduction, Fifthy. Edition. New York: Longman.

Cahyani, I. (2012). Pembelajaran Menulis Berbasis Karakter Experiental Learning. Bandung: Program Studi Pendidikan Dasar SPS UPI.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta:Gava Media.

Hsiao, ChingYuan & Pei-Yu Shih.2015. The Impact of Using Picture Books with Preschool Students in Taiwan on the Teaching of Environmental Concepts. Taiwan: International Education Studies. Vol. 8, No.3 https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1060971.pdf Diunduh 9 Maret 2020 Pukul 21.30 WIB.

Kemendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdikbud.

Masruroh, Ana. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Cerpen Berbasis Pengalaman (Experiantial Learning) untuk Siswa SMP/MTs.Yogyakarta: UNY.

Sadiman, Arief S.dkk. 2014. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya.. Jakarta: Rajawali.

Suciati, dkk. 2007. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka.

Utami, Khotimatunnisa, dkk. 2016. Penerapan Model Time Token dengan Media Photo Story untuk Meningkatkan Keterampilan

Bercerita pada Siswa Kelas IV SD. Surakarta: Jurnal Kalam Cendekia, Volume 4, Nomor 6.1, hlm. 674—679


Refbacks

  • There are currently no refbacks.