Fakta Cerita dan Sarana Cerita Dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy Dan Pengembangannya Sebagai LKPD di MA

Deta Kristiana, Muhammad Fuad, Munaris Munaris

Abstract


The purpose of this study was to produce an analysis of the content and linguistics of the novel and develop it into teaching materials for class XII MA.  This study used descriptive qualitative and development models. Qualitative descriptive study  used to describe the facts of the story and the means of the story the novel. The results of the study were developed into LKPD which were validated by material experts, media experts, and practical. The results of the research The facts contained in the story of Bening Angel Eyes Bening contains the story line, the characters, and the setting. This study was designed to be a product for Indonesian language learning in Madrasah Aliyah (MA) class XII even basic competency 3.9 that is analyzing the contents of the language of the novel and 4.11 gives the results of the interpretation of the author's views in the novel. The results of validation of LKPD products by material experts were 77.5%, media experts were 76.26%, and estimates by experts were 81.25%.

Tujuan peneliatian ini adalah menghasilkan analisis isi dan kebahasaan novel dan mengembangkannya menjadi bahan ajar sastra siswa kelas XII MA.  Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan model pengembangan.  Penelitian deskiptif kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan fakta cerita dan sarana cerita novel.  Hasil penelitian dikembangkan menjadi LKPD yang divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktis.  Hasil penelitian fakta cerita yang terdapat dalam Novel Bidadari Bermata Bening meliputi alur cerita, karakter tokoh, dan latar.    Penelitian ini dirancang menjadi produk untuk pembelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah (MA) kelas XII kompetensi dasar 3.9 yaitu menganalisis isi kebahasaan novel dan 4.11 menyajikan hasil interpretasi pandangan pengarang dalam novel.  Hasil validasi produk LKPD oleh ahli materi sebesar 77,5%, ahli media sebesar 76,26%, dan penilaian oleh praktisi sebesar 81,25%. 

 

Kata Kunci:  novel, LKPD, menganalisis fakta dan cerita.

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto dan Dwicahyono, Aris. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar).Yogyakarta: Gava Media.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No.54 tentang Standar Kompetensi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Stanton, Robert. 2012. Teori Fiksi Robert Stanton. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.