PENGEMBANGAN LKPD MENULIS PUISI MELALUI STRATEGI DOUBLE ENTRY JOURNAL PADA SISWA SMA/SMK KELAS X

Roni Mustofa, Munaris Munaris, Edi Suyanto

Abstract


The purpose of this study was to produce a Student Activity Sheet (LKPD) writing poetry through the Double Entry Journal strategy on high school / vocational high school students in class X. This study used a research and development (R & D) method. The research procedure was carried out by adapting seven of the ten steps. . LKPD in this study is appropriate to be used, this can be seen from the results of the test of learning material experts obtained a value of 89.58 and learning media experts obtained a value of 88.8 with a decent category. LKPD feasibility test by practitioners, Indonesian language teachers in class X in SMA Negeri 9 Bandarlampung was 88.75, SMA Negeri 7 Bandarlampung was 89, and SMK Angkasa Bandarlampung obtained a value of 89.25 with a decent category. It can be concluded that LKPD writing poetry through the Double Entry Journal strategy is feasible to be used as teaching material.

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) menulis puisi melalui strategi Double Entry Journal pada siswa SMA/SMK kelas X. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D). Prosedur penelitian dilaksanakan dengan mengadaptasi tujuh dari sepuluh langkah. LKPD pada penelitian ini layak digunakan, hal ini terlihat dari hasil uji ahli materi pembelajaran diperoleh nilai 89,58 dan ahli media pembelajaran diperoleh nilai 88,8 dengan kategori layak. Uji kelayakan LKPD oleh praktisi, guru Bahasa Indonesia pada kelas X di SMA Negeri 9 Bandarlampung adalah 88,75, SMA Negeri 7 Bandarlampung adalah 89, dan SMK Citra Angkasa Bandarlampung didapat nilai 89,25 dengan kategori layak. Disimpulkan bahwa LKPD menulis puisi melalui strategi Double Entry Journal layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

 

Kata Kunci: LKPD, menulis puisi, double entry journal

 

 

 


Full Text:

PDF

References


Amin, Bahrun. 2012. Double Entry Journal Technique for the Students Reading Comprehension. Diakses melalui http://www.academia.edu/21860474/.

Anisarahayu, Siti. 2013. Keefektifan Strategi Double-Entry Journals (Jurnal Dua Kolom) dalam Pembelajaran Menulis Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Borg, W. R. & Gall, M. D. (2003). Educational research: an introduction (7th ed.).New York: Longman, Inc.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Friedman, Anne R. 2006. The Double Entry Journal: Insights Into the Comprehension Strategies of Community College Developmental Readers. Pocketknowledge. 2481.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: UGM Press.

Pratama, Aditya. 2013. Keefektifan Strategi Double Entry Journal dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Piyungan Bantul DIY .Universitas Negeri: Yogyakarta.

Retno Palupi, Nina. 2016. Keefektifan Strategi Double Entry Journal dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantul. Yogyakarta.

Ruddell, M.R. 2005. Teaching Content Reading and Writing. United States of America: Wiley

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wardoyo, Sigit Mangun. 2013. Teknik Menulis Puisi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wiesendanger, K.D. 2010. Startegies for Literacy Education. Ohio: Merril Prentice Hall

Wolf, S.A. 2004. Interpreting Literature with Childern. London: LEA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.