PENGEMBANGANLKPD MENULIS TEKS CERPEN BERBASIS INKUIRI UNTUK SISWA SMP KELAS IX

Fahreza Chandra W, Muhammad Fuad, Edi Suyanto

Abstract


The purpose of this study was to produce an Inquiry-based Student Activity Sheet (LKPD) on the subject matter of writing short text and testing its feasibility in learning to write short text on junior high school students. The research method used in this research is research and development (Research and Development). Data collection techniques through interviews and questionnaires in three schools, namely SMPN 1 Bengkunat, SMPN 2 Bengkunat, and SMPN 3 Bengkunat. The results showed that 1) successfully developed teaching materials in the form of LKPD based on inquiry in writing short text, 2) the overall feasibility of LKPD was declared "very good" by material experts, media experts, and practitioners with presentation assessments 83, 88, and 88, 3) LKPD also received a "very decent" assessment from teachers and students in three schools.

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkanLembarKegiatanPesertaDidik (LKPD) berbasis Inkuiri pada materi pokok menulis teks cerpen dan menguji kelayakannya dalam pembelajaran menulis teks cerpen pada siswa SMP. Metode Penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseach and Development). Teknik pengumpulan data melalui wawan cara dan penyebaran angket di tiga sekolah, yakni SMPN 1 Bengkunat, SMPN 2 Bengkunat, dan SMPN 3 Bengkunat. Hasil penelitian menunjukkan 1) berhasil dikembangkan bahan ajar berupa LKPD berbasis inkuiri pada menulis teks cerpen, 2) kelayakan LKPD secara keseluruhan dinyatakan “sangat baik” oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi dengan presentasi penilaian 83, 88, dan  88, 3) LKPD juga mendapat penilaian “sangat layak”  dari guru dan siswa di tiga sekolah.

 

Kata kunci: bahan ajar, LKPD, inkuiri, menulis cerpen.

DOI Artikel: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v8i1.2020.06


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Gava Media. Yogyakarta

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Depdiknas. Jakarta

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Endraswara, Suwadi. 2003. Membaca, Menulis, dan Mengajarkan Sastra. Yogyakarta: Kota Kembang.

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Harsiati, Titik dkk.2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kemendikbud.

_______________. 2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kemendikbud.

Jufri. 2010. Belajar dan Pembelajaran Sains. Pustaka Reka Cipta. Bandung

Masruroh, Ana. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Cerpen Berbasis Pengalaman (Experiental Learning) untuk Siswa SMP/MTs. e-Journal thesis UNY. Universitas Negeri Yogyakarta. Diunduh pada 20 April 2016 dari https://eprints.uny.ac.id/27649/

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhadi.dkk. 2007. Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas IX. Jakarta: Erlangga.

Pranoto, Naning. 2011. Creative Writing Telaga Inspirasi Menulis Fiksi. Bogor: Rayakultura.

____________. 2014. 33 Kiss Keep It Simple and Super. Bogor: Rayakultura

____________. 2015. Seni Menulis Cerita Pendek. Jakarta Timur: Opuss Agrapana Mandiri.

_____________. 2015. Seni Menulis Cerita Pendek. Jakarta: Opus Agrapana Mandiri.

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press. Jakarta

Ristanto, R. H.2010. Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Dengan Multimedia dan Lingkungan Riil Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Kemauan Awal. Tesis. Universitas Sebelas Maret. Surakarta

Sugiyono. 2012. Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Suyanto, S., Paidi, dan Wilujeng, I. 2011. Lembar Kerja Siswa. Paparan Ilmiah. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Trianto, Agus.2014. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas IX. Jakarta: Kemendikbud.

Widjajanti, E. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah Ilmiah. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Winkel.1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar.Gramedia. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


7 togel

sedunia toto

slot gacor

rtp slot

situs toto

kingwoodcarcare.com

situs toto

ROGTOTO

ROGTOTO

toto togel

slot dana

slot dana

bo togel

bandar toto online

slot88

situs toto

situs toto

toto togel

togel online

slot777

topup murah

harapan777

situs toto

AMDBET

cie4d

slot thailand

slot gacor

slot online

slot maxwin

https://souzokuzei-fukuyama.com/declaration.html

situs toto

kas77