PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA KOMIK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Meliza Meliza, Mulyanto Widodo, Muhammad Fuad

Abstract


This study aims to describe (1) learning plans, (2) implementation of learning, (3) assessment of learning, and (4) improvement of learning to write anecdotal texts by utilizing comic media. This study uses classroom action research design which has four stages, namely planning, implementing, observing, and reflecting. This class action research was carried out in two cycles, and each cycle consisted of three meetings. The results showed: (1) the learning plan, in the first cycle, the results of the RPP assessment were 80.38 in the good category, and in the second cycle by 94.21 in the very good category. (2) The implementation of learning, in the first cycle the assessment results of the implementation of learning amounted to 80.66 and in the second cycle amounted to 94 in the very good category. (3) The results of the assessment of writing ability in the first cycle obtained a value of 67.37 and in the second cycle obtained a value of 81.20. 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) rencana pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) penilaian pembelajaran, dan (4) peningkatan pembelajaran menulis teks anekdot dengan memanfaatkan media komik. Penelitian ini meggunakan desain penelitian tindak kelas (classroom action research) yang memiliki empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindak kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan tiap siklus tediri dari tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan :(1) rencana pembelajaran, pada siklus I, hasil penilaian RPP sebesar 80,38 dalam kategori baik, dan pada siklus II sebesar 94,21 dalam kategori sangat baik. (2) Pelaksanaan pembelajaran, pada siklus I hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran sebesar 80,66 dan pada siklus II sebesar 94 dalam kategori sangat baik. (3) Hasil penilaian kemampuan menulis pada siklus I memperoleh nilai 67,37 dan pada siklus II memperoleh nilai 81,20.

Kata Kunci : kemampuan menulis, teks anekdot, komik, hasil belajar.

DOI Artikel: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v8.i1.2021.03

 


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2013. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Daryanto dan Aris Dwicahyono. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikna. 2010. Strategi Belajar Mangajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan konsep Islam. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung: Alfabeta.

Universitas Lampung. 2012. Format Penulisan Karya Ilmiah. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Widodo, C. Dan Jasmadi. 2008. Buku panduan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats