PEMEROLEHAN KALIMAT PADA ANAK USIA 4 SAMPAI 6 TAHUN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN DI TK

Wisudiana Risyant Insani, Nurlaksana Eko Rusminto, Farida Ariyani

Abstract


This research aims to describe the acquisition at the language children 4 to 6 years and its implications for language learning in play group Descriptive qualitative design was used in the research the sources of this research were children from 4 to 6 years old.The result of this research was the acquisition of sentences for 4 to 6 years children there were three child could be clarify. The result of this research on the children’s question of sentence is founded that the children got kinds of complete sentence, incomplete, statement, question, imperative, passive, medial is found, reciprocal, affirmative, negative, formata, deformata, situation,answer, greetings, calls, appeals, and requests sentence. The research of sentence acquisition in children aged 4-6 years can be implemented in language learning in play group, namely basic competencies at showing expressive language skills. (sowing verbal and non verbal language).

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemerolehan bahasa pada tataran kalimat anak dengan rentang  usia 4-6 tahun dan implikasi terhadap pembelajaran bahasa di TK.Desain penelitian yang digunakan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah anak-anak dengan rentang usia 4 6 tahun. Hasil penelitian ini mengenai pemerolehan kalimat pada anak usia 4-6 tahun ditemukan bahwa kalimat yang telah diperoleh anak-anak usia 4-6 tahun yang berjumlah tiga orang. Pada penelitian ini anak usia 4 sampai 6 tahun telah memperoleh jenis kalimat. Sempurna, tak sempurna, pernyataan, pertanyaan, perintah, pasif, medial, resiprokal, afirmatif, negatif, formata, deformata, situasi, jawaban, salam, panggilan, seruan, dan permohonan. Kajian pemerolehan kalimat pada anak usia 4-6 tahun dapat diimplikasikan ke dalam pembelajaran bahasa di TK yaitu dalam kompetensi dasar Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan nonverbal).

Kata kunci     : Pemerolehan Kalimat, Implikasi, Pembelajaran TK

Doi Article: https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v7i3.2019.07


Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Mukhtar. 2010. Bimbingan Skripsi, Tesis, dan Artikel Ilmiah. Jakarta: Gaung Persada Press.

Putrayasa, Ida Bagus. 2009. Jenis Kalimat dalam Bahasa Indonesia. Bandung: Refika Aditama.

Setiyadi, Bambang Ag. 2006. Metode Penelitian Untuk Pengajaran Bahasa Asing Pendekatan Kuantitaif dan Kualitaif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tarigan, H.G. 2011. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa.

Warinka, Messa. 2012. Pemerolehan Bahasa pada Tataran Fonologi Anak Usia Tiga Tahun dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Berbahasa di Paud. Skripsi Tidak Diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats