Keefektifan Pembelajaran Menulis Puisi Menggunakan Media Audio Visual untuk Siswa SMP Kelas VIII

Muhammad Fuad, Miftakhul Hidayati

Abstract


This study aims to determine the effectiveness and improvement of students in writing poetry by using audio visual media for junior high school students of class VIII and to illustrate several factors that influence student improvement in writing poetry. This research is classroom action research. However, each cycle uses four stages, namely planning, action, observation, evaluation and reflection. The results showed that learning to write poetry using audio visual media can improve students' skills in writing poetry. In the first cycle students experience difficulties in the learning process of writing poetry, in the second cycle students begin to understand the inner elements in writing poetry, then in the third and fourth cycles students are able to understand the inner elements contained in the poem that are displayed by someone reciting a poem.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan peningkatan siswa dalam menulis puisi dengan menggunakan media Audio visual untuk siswa SMP kelas VIII dan untuk menggambarkan beberapa faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan siswa dalam menulis puisi.Peneliatian ini adalah penelitian tindakan kelas.Adapaun, setiap siklus menggunakan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis puisi menggunakan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi. Pada siklus pertama siswa mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran menulis puisi, pada siklus kedua siswa mulai memahami unsur-unsur batin dalam menulis puisi, lalu pada siklus ketiga dan keempat siswa mampu memahami unsur batin yang terdapat dalam puisi yang ditampilkan seorang membacakan sebuah puisi.

Kata Kunci: media pembelajaran, menulis puisi, Audio VisualĀ 



Full Text:

PDF

References


Ahmadi,M.1990.StrategiBelajar-Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang: YA3 Malang.

Ariani, N. dan Haryanto, D.2010.Pembelajaran Multimedia di Sekolah Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Prospektif. Jakarta:Prestasi Pustaka.

Arikunto, S. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan(Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Roekhan.

Sadiman. 2003. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo.

Tarigan, H. G. 1986. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Waluyo, H. J. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Sutikno. 2016. Pengembangan Model Sintektik Pada Pembelajaran Menulis Puisi Berkonteks Multikultural dalam Pembentukan Karakter Siswa SMA. Journal Indonesian Language Education and Literature.

Sufia, Retti. Atmazaki. Novia Juita. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Prinsip-prinsip Sugestologi Siswa Kelas VII.1 SMPN 4 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Volume 1 Nomor 2.Univerisitas Negeri Padang.

Luftia, Firdausia. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Media Musik Berlirik Pada Siswa Kelas V SDN Pucung.Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogjakarta.

Anisa, Diyah Ekasari dkk. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Strategi Pikir Plus Dengan Menggunakan Media Gambar Peristiwa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia:Universitas Negeri Semerang.

Supriatini. 2017. Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang. Jurnal Bindo Sastra:UM Palembang

Nur.Kholillah dkk.2016.Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi siswa.Jurnal Pendidikan Universitas Tanjungpura:Pontianak.

Rukayah.Hafid.dkk.2017.Keefektifan Penggunaan Media Audiovisual dalam Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Negeri Nomor 10 Manurungnge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.Jurnal Bindo FKIP Universitas Negeri Makasar.

Siti, Rully Untari. 2018. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Model Think Talk Write Melalui Media Picture and Picture Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Manisrejo Kota Madiun.Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan Vol.V No.1:

Novita,Artika Sari dkk. 2014. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menulis Puisi dengan Metode Field Trip Pada Siswa SMP. Basastra Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya:Universitas Sebelas Maret.

Arum, Tri Lestari dkk. 2017. Keefektifan Medio Audio Visual Sebagai Kretivitas Guru Sekolah Dasar dalam Menumbuhkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa. Scholaria:Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 7 No.3:Universitas PGRI Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.