Pengembangan Modul Membaca Pemahaman Teks Biografi Melalui SQ3R Siswa Kelas X

Mardiah Hayati, Siti Samhati, Edi Suyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan: menghasilkan bahan ajar membaca pemahaman teks biografi melalui metode SQ3R, menguji kelayakan bahan ajar membaca pemahaman teks biografi melalui SQ3R dan mendeskripsikan keefektifan bahan ajar dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks biografi penulis kitab kuning melalui metode SQ3R. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan analisis deskriptif. Sumber data diambil dari MA Nurul Huda, MA Al Ikhlas, dan MA YPI. Uji coba pengujian produk skala kecil memperoleh skor 83,63. Pengujian skala luas mencetak 87,30. Penilaian guru mendapat nilai 89,25. Berdasarkan uji kelayakan pada angket, modul telah layak digunakan sebagai bahan pembelajaran siswa kelas X SMA/MA. Hasil yang "

Penelitian ini bertujuan (1) Menghasilkan bahan ajaran membaca pemahaman teks biografi melalui metode SQ3R. (2) Menguji kelayakan bahan baku membaca pemahaman teks biografi melalui SQ3R. (3) Mendeskripsikan keefektifan bahan ajar terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman teks biografi pengarang kitab kuning melaui SQ3R. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Sumber data dilakukan di tiga sekolah, yakni MA Nurul Huda, MA Al Ikhlas, MA YPI. Uji coba produk skala kecil dengan perolehan nilai 83,63. Uji skala luas dengan perolehan nilai sebesar 87,30. Penilaian guru sebesar 89,25.Berdasarkan angket uji kelayakan modul layak digunakan sebagai bahan ajar untuk peserta didik kelas X SMA/MA. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa “modul cara mudah memahami teks biografi pengarang kitab kuning dengan SQ3R” dinyatakan layak digunakan oleh siswa SMA/MA.

 

Kata kunci: modul, memahami bacaan, dan SQ3R


Jurnal DOI:  https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v7i3.2019.02


Full Text:

PDF

References


Ahuja. 2010. Membaca Secara Efektif dan Efisien. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Daryanto dan Dwicahyono, Aris. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar).Yogyakarta: Gava Media.

Depdikbud. 2008. Model – Model Pembelajaran yang Efektif. Semarang: Depdikbud.

Djamarah, Saiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Iskandarwassid, Dadang Sunendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhadi. 2016. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Riduwan. 2009. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


7 togel

sedunia toto

slot gacor

rtp slot

situs toto

kingwoodcarcare.com

situs toto

ROGTOTO

ROGTOTO

toto togel

slot dana

slot dana

bo togel

bandar toto online

slot88

situs toto

situs toto

toto togel

togel online

slot777

topup murah

harapan777

situs toto

AMDBET

cie4d

slot thailand

slot gacor

slot online

slot maxwin

https://souzokuzei-fukuyama.com/declaration.html

situs toto

kas77