Pengembangan Modul Membaca Pemahaman Teks Biografi Melalui SQ3R Siswa Kelas X

Mardiah Hayati, Siti Samhati, Edi Suyanto

Abstract


This study aims: to produce reading teaching materials for understanding biographical text through SQ3R method, to test the feasibility of reading teaching materials for understanding biographical text through SQ3R and to describe the effectiveness of teaching materials on improving reading skills for understanding biographical text of the author of the yellow book through SQ3R method. This study used Research and Development approach with descriptive analysis. The data source were taken from MA Nurul Huda, MA Al Ikhlas, and MA YPI. The trial of small-scale product testing scored 83.63. The broad-scale testing scored 87.30. The teachers' assessment scored 89.25. Based on the feasibility test on the questionnaire, the module has been appropriate for use as teaching material for grade X of SMA/MA students. The results that "the module on how to easily understand the biographical text of the author of the yellow book with SQ3R method" was declared appropriate for use for high school (SMA/MA) students.

Penelitian ini bertujuan (1) Menghasilkan bahan ajar membaca pemahaman teks biografi melalui metode SQ3R. (2) Menguji kelayakan bahan ajar membaca pemahaman teks biografi melalui SQ3R. (3) Mendeskripsikan keefektifan bahan ajar terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman teks biografi pengarang kitab kuning melaui SQ3R. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Sumber data dilakukan di tiga sekolah, yakni MA Nurul Huda, MA Al Ikhlas, MA YPI. Uji coba produk skala kecil dengan perolehan nilai 83,63. Uji skala luas dengan perolehan nilai sebesar 87,30. Penilaian guru sebesar 89,25. Berdasarkan angket uji kelayakan modul layak digunakan sebagai bahan ajar untuk peserta didik kelas X SMA/MA. Hasil penelitian disimpulkan bahwa “modul cara mudah memahami teks biografi pengarang kitab kuning dengan SQ3R” dinyatakan layak digunakan oleh siswa SMA/MA.

 

Kata kunci: modul, memahami bacaan, dan SQ3R


Full Text:

PDF

References


Ahuja. 2010. Membaca Secara Efektif dan Efisien. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Daryanto dan Dwicahyono, Aris. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar).Yogyakarta: Gava Media.

Depdikbud. 2008. Model – Model Pembelajaran yang Efektif. Semarang: Depdikbud.

Djamarah, Saiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Iskandarwassid, Dadang Sunendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhadi. 2016. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Riduwan. 2009. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.