Kemampuan Berbicara Peserta Didik Kelas VIII SMPN 5 Bandarlampung

Siti Samhati, Kesuma Ariyanti

Abstract


The problem in this study is how speaking ability of 8th grade students of SMPN 5 Bandarlampung. This research aims to portray the students of 8th grade students of SMPN 5 Bandarlampung academic years of 2011/2012. The method used in this research is descriptive method. Data of speaking ability  of the results was obtained from visual observations and audio recordings of documentation.  The population in this study were all of 8th grade students of SMPN 5 Bandarlampung years 2011/2012 amounting to 200 students and dispersed in 6 classes, with a sample of 30 students or 15% of the population. The results showed that the speaking ability of the 8th grade students of SMPN 5 Bandarlampung academic year of 2011/2012 categorized good with average 77.28.

Penelitian ini bertujuan menggambarkan bagaimana kemampuan berbicara siswa kelas 8 SMPN 5 Bandarlampung tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data yang menunjukkan hasil penelitian mengenai kemampuan berbicara siswa kelas 8 SMPN 5 Bandarlampung tahun pejalaran 2011/2012 diperoleh dari hasil observasi langsung dan observasi terhadap rekaman audio visual dokumentasi penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan jumlah siswa kelas 8 SMPN 5 Bandarlampug tahun pelajaran 2011/2012 yakni 200 siswa dengan sampel yang diambil adalah 15% dari jumlah populasi, yakni 30 siswa. Hasil penelitian kemampuan berbicara siswa kelas 8 SMPN 5 Bandarlampung tahun pelajaran 2011/2012 menunjukan bahwa rata-rata dari 8 indikator penilaian yang digunakan menunjukkan hasil yang dapat dikategorikan baik dengan nilai angka 77,28.

 

Kata kunci: berbicara, siswa, SMPN 5 Bandarlampung

 


Full Text:

PDF

References


Arsjad, Maidar Mukti. 1988. Pembinaan Kemmapuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Elyanasari, Oktariza. 2008. Skripsi: Kemampuan Berbicara dalam Diskusi Kelompok Peserta didik Kelas V SD Ismaria Al-Quraniah Rajabasa Bandarlampung TP 2010/2011. Lampung: FKIP Unila.

Mabruri, Zuniar Kamaluddin. 2017. Peningkatan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Melalui Penerapan Strategi Role Playing Sekolah Dasar Negeri Ploso I Pacitan. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan.

Margono, S. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan; Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: FPBS IKIP.

Universitas Lampung. 2007. Format Penulisan Karya Ilmiah. Bandarlampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.