PROFITABILITAS MAHASISWA SEBAGAI UPAYA MEMPEROLEH INDEKS PRESTASI MEMUASKAN

Mulyanto Widodo, I Wayan Ardi Sumarta, Hesti Irmasari

Abstract


The problem in this study relate to motivation and ways to obtain a satisfactory achievement index. Therefore, it is important for lecturers to know the motivation and ways of their students in obtaining a satisfactory achievement index. The method used in this study was a descriptive qualitative method. The result showed that high achievement indexed students have 'family' as their motivation such as parents, it was found that students with high achievement indexes made family as their motivation, especially parents, high enthusiasm, and comfortable situation and room while studying. It can be concluded that students with prestige indexes are always enthusiastic, disciplined, active, and looking for solutions. 

Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan motivasi dan cara dalam mendapatkan indeks prestasi yang memuaskan. Oleh karena itu, penting bagi dosen untuk mengetahui motivasi dan cara mahasiswanya memperoleh indeks prestasi yang memuaskan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian dengan teknik penyebaran kuisioner ini dibagi dalam dua kategori, yaitu profitabilitas bedasarkan motivasi didapatkan hasil bahwa mahasiswa yang berindeks prestasi tinggi menjadikan keluarga sebagai motivasi mereka terutama orang tua, semangat yang tinggi, dan situasi dan ruangan yang nyaman saat belajar. Profitabilitas berdasarkan cara didapatkan hasil bahwa mahasiswa yang berindeks prestasi tinggi cenderung mengerjakan tugas dengan tepat waktu, mencari solusi, menyukai posisi duduk di tengah mengarah ke depan, dan bertanya langsung jika mengalami kesulitan, dan selalu aktif di dalam kelas. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa mahasiswa yang berindeks prestasi memuaskan selalu bersemangat, disiplin, aktif, dan mencari solusi.

 

Kata kunci: profitabilitas, motivasi

 

 


Full Text:

PDF

References


Fishbein, M and Ajzen I. 1975. Beliefe, Attitude, Intention, and Behaviour: An Introduction to Theory and Research, Reading, MA.

Hopkins, C. D., & Antes, R. L. 1990. Classroom Testing: Construction. Itasca, IL: F. E. Peacock Publishers.

Krathwohl, D. R. ed. Et al. 1964. Taxonomy of Educational Objectives: Handbook II, Affective Domain. New York: David McKay.

Ngalim Purwanto. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sardiman. 2008. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.