Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Pemanfaatan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Daya Murni

Dekas Miyanti, Siti Samhati, Edi Suyanto

Abstract


The purpose of the research were: 1) analyzing and describing the results of planning learning by using media drawings; 2) analyzing and describing the implementation of learning by using serial image media; 3) analyzing and describing the results of the assessment by using series drawing media, and 4) analyzing and describing the results of the improvement of the ability in write narrative and completeness essays by using serial drawing media for students in SD Negeri 1 Daya Murni in the Academic Year 2017/2018. The method used is Classroom Action Research (CAR). The results of this study indicate that the use of serial image media can improve narrative essay writing skills by planning learning using series drawing media increases; The use of serial image media in learning can increase the average activity of students; The implementation of learning series drawing media increases the average ability to write narratives; The implementation of learning using series image media in learning improves the ability to write narratives and the percentage of students' completeness.

Tujuan penelitian adalah: 1) menganalisis dan mendeskripsikan hasil perencanaan pembelajaran dengan menggunakan media gambar seri; 2) menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media gambar seri; 3) menganalisis dan mendeskripsikan hasil penilaian dengan menggunakan media gambar seri, dan 4) menganalisis dan mendeskripsikan hasil peningkatan kemampuan menulis karangan narasi dan ketuntasannya dengan menggunakan media gambar seri pada siswa di SD Negeri 1 Daya Murni Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dengan Perencanaan pembelajaran dengan menggunakan media gambar seri meningkat; Pembelajaran penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan rata-rata aktivitas siswa; Penerapan pembelajaran penggunaan media gambar seri meningkat rata-rata kemampuan menulis narasi; Penerapan pembelajaran penggunaan media gambar seri meningkatkan kemampuan menulis narasi dan persentase ketuntasan siswa.

Kata kunci : kemampuan menulis, media gambar seri


Full Text:

PDF

References


Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model,Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri

Yogyakarta.

Faruk. 2015. Pengantar Sosiologi Sastra: dari Strukturalisme Genetik sampai Post-Modernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasanadi, 2003. Gurindam Ratok Mak Enggi Karya Yus DT. Parpatiah. Skripsi: Fakultas Sastra Universitas Andalas.

Navis, Ahmad Adib. 1984. Alam Takambang Jadi Guru, Adat dan Kebudayaan Minangkabau. Jakarta: Grafitipers.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yokyakarta: Gajah Mada Universitas Press.

Rusli, Marah. 2015. Memang Jodoh. Bandung : Qonita.

Setyowati , Erna Dwi.2016. Pertentangan Adat dalam Novel Memang Jodoh Karya Marah Rusli (Tinjauan Sosiologi Sastra)http://publiksiilmiah.ums.ac.id.>handle/11617/5603 (dikses 12 Januari 2017).

Siswanto, Wahyudi. 2013. Pengatar Teori Sastra. Malang: Aditiya Pubhlising


Refbacks

  • There are currently no refbacks.