Pengembangan LKPD Cerita Rakyat Untuk Menanamkan Nilai Karakter Siswa SMA Kelas X

Moli Ridodo, Siti Samhati, Iing Sunarti

Abstract


This study aims to produce and develop teaching materials in the form of LKPD (students activity sheets) character learning folklore and describing the feasibility of the teaching materials on folklore to instil character values of high school students in class X. The method used in this study is research and development methods. The study was conducted in three schools in Lampung Province; SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, and SMA Negeri 16 Lampung academic year 2018/2019. The results of this study indicate that LKPD teaching materials with character folklore learning have been succesfully developed and feasible to be used in the learning process of class X at high school level. The feasibility of teaching materials as a whole was declared feasible by material experts in Indonesian languange and literature by 89%, media experts by 84%, and practitioners by 89,25%.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengembangkan bahan ajar berupa LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik) pembelajaran cerita rakyat yang berkarakter dan mendeskripsikan kelayakan bahan ajar LKPD cerita rakyat untuk menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik SMA kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian dilaksanakan pada tiga sekolah yang ada di Provinsi Lampung yaitu SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, dan SMA Negeri 16 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar LKPD pembelajaran cerita rakyat yang berkarakter telah berhasil dikembangkan dan layak dipergunakan pada pembelajaran kelas X tingkat SMA. Kelayakan bahan ajar secara keseluruhan dinyatakan layak oleh ahli materi bahasa dan sastra Indonesia sebesar 89%, ahli media sebesar 84%, dan para praktisi sebesar 89,25%.

 

Kata kunci : LKPD, cerita rakyat, nilai pendidikan karakter

 


Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Pedoman Penelitian Buku Pelajaran, Penjelasan Standar Mutu Buku Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2017 tentang Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Buku Teks Pelajaran: Sesuai dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Majid, Abdul. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Mashita, Muthia. 2013. Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Sepatu Dahlan Khrisna Pabichara dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Padang: Universitas Negeri Padang.

Mujiono. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berbasis Nilai-Nilai Karakter Islam untuk MTs Hasanuddin Bandar Lampung kelas VIII. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Putra, Nusa. 2015. Research & Development: Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar. Jakarta: Rajagravindo Persada.

Riduwan dan Sunarto. 2009. Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.