HUBUNGAN PENGUASAAN EJAAN, PEMAHAMAN KOSAKATA, DAN KEMAMPUAN MENYUSUN STRUKTUR KALIMAT

Hernaini Hernaini, Nurlaksana Eko Rusminto, Edi Suyanto

Abstract


Purpose of this research is to analyze the relationship (1) mastery of spelling and writing skills articles, 2) understanding vocabulary with skill article writing,    3) ability to compose the structure of the sentence with article writing skills, and 4) mastery of spelling, understanding the vocabulary, and the ability to compose the structure of the sentence with article writing skills. Motode  research using the korelasional approach. Sample in the study as many as 40 students. Research Data was obtained by tests and data analysis using the technique of correlation of product moment. Study results showed a significant relationship between 1) mastery of spelling and writing skills article ; 2) understanding vocabulary with skill article writing ; 3) capabilities make up the structure of the sentence with article writing skills with  article writing skills, and  4)mastery of spelling, understanding vocabulary, sentence structure and the ability to compose together with article writing skills.

Tujuan penelitian ini  untuk menganalisis hubungan (1) penguasaan ejaan dengan keterampilan menulis artikel, 2) pemahaman kosakata dengan keterampilan menulis artikel, 3) kemampuan menyusun struktur kalimat dengan keterampilan menulis artikel, dan 4) penguasaan ejaan, pemahaman kosakata, dan kemampuan menyusun struktur kalimat dengan keterampilan menulis artikel.Motode penelitian menggunakan pendekatan korelasional.  Populasi  penelitian  40 siswa.  Data penelitian diperoleh dengan tes, analisis data menggunakan teknik korelasi produk moment. Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang signifikan antara 1) penguasaan ejaan dengan keterampilan menulis artikel  2) pemahaman kosakata dengan keterampilan menulis artikel  3) kemampuan menyusun struktur kalimat dengan keterampilan menulis artikel dan 4) penguasaan ejaan, pemahaman kosakata, dan kemampuan menyusun struktur kalimat secara bersama-sama dengan keterampilan menulis artikel tersebut akan meningkatkan keterampilan menulis artikel 

Kata kunci:  ejaan, kosakata, menulis artikel, struktur kalimat.

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung: Bumi Aksara

Imam. 2012. Menulis Makalah dan Artikel. Bandung: Refika Aditama

Nurudin. 2012. Jurus Jitu Menulis Artikel. Bogor: Ghalia

Tabroni. 2007. Melejitkan Potensi Mengasah Kreativitas Menulis Artikel. Bandung: Nuansa

Soedjito. 1992. Kosakata Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia

Tim CGS. 2010. EYD. PT Buana Ilmu Populer: Cakrawala

Tarigan. Hendri Guntur. 1993. Pengajaran Kosakata. Bandung. Angkasa

………………………….2009. Menulis Sebagai Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Tim Redaksi Pustaka Setia. 1992. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Bandung: CV Pustaka Setia

Warida. 2008. Berani Menulis Artikel. Jakarta. Gramedia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.