Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Model Pembelajaran (PJBL) Untuk Kelas Ix

Era Octafiona, Edi Suyanto, Muhammad Fuad

Abstract


This study aims (1) produce products in the form of short story textbook with (PjBL) models for grade IX, and (2) test and describe the feasibility of textbook writing short stories with (PjBL) models developed based on experts material, media, peers, and students.This research adapts development research Borg and Gall.This research was conducted at three schools in Bandar Lampung including Junior High School of 13, Junior High School of Baitul Jannah, and Junior High School of Global Madani in the academic year 2017/2018. (PjBL) models contained in this teaching material, among others, formulating basic questions, designing planning, scheduling, monitoring, testing results, and evaluating activities.The results of this study (1) produce teaching materials in the form of "Textbook Writing Short Story with (PjBL) Models", and (2) teaching materials as a whole are declared "Decent" based on research from material experts, media, practitioners, teachers, and students.

Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan produk berupa buku teks menulis cerpen dengan model pembelajaran (PjBL) untuk kelas IX, dan (2) menguji serta mendeskripsikan kelayakan buku teks menulis cerpen dengan model pembelajaran (PjBL) yang dikembangkan berdasarkan ahli materi, media, teman sejawat,  dan siswa. Penelitian ini mengadaptasi penelitian pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini dilaksanakan pada tiga sekolah di Bandar Lampung meliputi SMP Negeri 13, SMP IT Baitul Jannah, dan SMP IT Global Madani pada tahun ajaran 2017/2018. Model pembelajaran (PjBL) yang terdapat dalam bahan ajar ini, antara lain merumuskan pertanyaan-pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan, menyusun jadwal, monitoring, menguji hasil, dan mengevaluasi kegiatan. Hasil penelitian ini (1) menghasilkan bahan ajar berupa “Buku Teks Menulis Cerpen Dengan Model Pembelajaran (PjBL)”, dan (2) bahan ajar secara keseluruhan dinyatakan “Layak” berdasarkan penelitian dari ahli materi, ahli media, praktisi, guru, dan siswa. 

 

Kata Kunci: Buku Teks, Menulis Cerpen, (PjBL).

 

 


Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Saharti. 2003. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Endar Satoto Nayono, dkk. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Kuliah Computer Aided Design. Yogyakarta: Universitas Yogyakarta.

Iskandarwassid, dkk. 2011. Strategi

Pembelajaran Bahasa. Bandung:

PT Remaja Resdakarya.

Masroroh, Ana. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Cerpen Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) UntukSiswa SMP/MTs.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Prasaja, FX Dalu. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Modul Menulis Teks Cerpen Berdasarkan Teknik Storyboard Untuk Siswa SMA/MA Kelas XI. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sukistiono. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerpen Menggunakan Pendekatan Berbasis Teks Dengan Metode Cerpen-Gram Untuk Siswa Smp/Mts. Kelas Ix. Bandar lampung: Universitas Lampung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, Edi. 2012. Perilaku Tokoh dalam Cerpen Indonesia. Lampung: Universitas Lampung.

Wijayari, Arif. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Teks Cerpen Untuk Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP). Semarang: Universitas Negeri Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.