Pengembangan LKPD Menulis Teks Cerita Fantasi Berbasis Metakognitif Peserta Didik Kelas VII

Merina Tri Rahma Okta, Nurlaksana Eko Rusminto, Munaris Munaris

Abstract


This research aims (1) to produce LKPD write text-based Fantasy Story Metacognitive, (2) to describe eligibility of  materials LKPD write text-based Fantasy Story Metacognitive developed based on material experts, media experts, practitioners, teachers and students. This research adapts development research according to Brog and Gall. This research was conducted at three schools, including: Junior High School of Global Madani Bandar Lampung, Junior High School of 13 Bandar Lampung, and  Junior High School of IT Baitul Jannah Bandar Lampung in the academic year 2017/2018. Metacognitive aspects contained in these materials include: planning skills, monitoring skills, and evaluation skill. The results of this research resulted (1)learning materials in the form of "LKPD write text-based Fantasy Story Metacognitive",(2) the learning materials overall expressed "very good or very decent" based on the assessment of material experts, media experts, practitioners, Indonesia language teachers, and students.

Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan LKPD Menulis Teks Cerita Fantasi Berbasis Metakognitif, (2) mendeskripsikan kelayakan bahan ajar LKPD Menulis Teks Cerita Fantasi Berbasis Metakognitif yang dikembangkan berdasarkan ahli materi, ahli media, praktisi, guru dan siswa. Penelitian ini mengadaptasi penelitian pengembangan menurut Brog and Gall. Penelitian ini dilaksanakan pada tiga sekolah meliputi SMP Global Madani Bandar Lampung, SMP Negeri 13 Bandar Lampung, dan SMP IT Baitul Jannah Bandar Lampung pada tahun ajaran 2017/2018. Aspek metakognitif yang terdapat dalam bahan ajar ini, antara lain keterampilan perencanaan (planning skills), keterampilan pemantauan (monitoring skills), dan keterampilan penilaian (evaluation skills). Hasil penelitian ini (1) menghasilkan bahan ajar berupa “LKPD Menulis Teks Cerita Fantasi Berbasis Metakognitif”, (2) bahan ajar secara keseluruhan dinyatakan “Sangat Baik atau Sangat Layak” berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, praktisi, guru bahasa Indonesia, dan siswa.

Kata Kunci: LKPD, Menulis Teks Cerita Fantasi, Metakognitif.


Full Text:

pdf

References


Flavell, John H. 1979. Metacognition and Cognition Monitoring:A New Area Cognitive-Development Inquiry. American Psychological Association, Inc. Vol 304 No.10 906-911.

Gumilar, Selfi Indra. 2016. Pengembangan Modul Menulis Teks Diskusi Berbasis Strategi Metakognitif untuk Siswa Kelas VIII. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Pranoto, Naning. 2015 Seni Menulis Cerita Pendek. Jakarta: Opuss.

Prasaja, FX Dalu. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Modul Menulis Teks Cerpen Berdasarkan Teknik Storyboard Untuk Siswa SMA/MAKelas XI. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA PRESS.

Prihatmi, Th. Sri Rahayu. 1993. Fantasi Dalam Kumpulan Cerpen Danarto:Dialog Antara Dunia Nyata dan Tidak Nyata. Jakarta: Balai Pustaka.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.