Pola Pikir dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Laskar Pelangi sebagai Bahan Ajar

okta muhlis putra, Muhammad Fuad, Mulyanto Widodo

Abstract


This study aims to describe the mindset and character building contained in Andrea Hirata's Laskar Pelangi novel. The research findings are arranged as teaching materials on understanding the mindset and character building for high school students. The data collection of this research is done by using literature study or documentation. The results showed that there are two types of mindset, namely 1) fixed mindset and 2) growth mindset. There are sixteen types of character building found in this research, they are 1) religious, 2) honesty, 3) tolerance, 4) discipline, 5) hard work, 6) creative, 7) , 8) homeland loving, 11) the value of achievement, 12) friendly/ communicative, 13) love peace value, 14) reading value, 15) social care value , and 16) responsibility value. The use of novels as teaching materials with the mindset and character building datain it, became the constituent elements of LKPD.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pikir dan nilai pendidikan karakter dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Temuan data penelitian disusun sebagai bahan ajar bagi peserta didik SMA. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua jenis pola pikir, yakni 1) pola pikir tetap dan 2) pola pikir berkembang. Nilai pendidikan karakter, terdapat enam belas jenis, yaitu nilai: 1) religius, 2) kejujuran, 3) toleransi, 4) disiplin, 5) kerja keras, 6) kreatif, 7) mandiri, 8) demokratis, 9) rasa ingin tahu, 10) cinta tanah air, 11) menghargai prestasi, 12) bersahabat/ komunikatif, 13) cinta damai, 14) gemar membaca, 15) peduli sosial, dan 16) tanggung jawab. Penggunaan novel sebagai bahan ajar dengan data pola pikir dan nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalamnya, menjadi unsur penyusun LKPD.

Kata kunci: Pola Pikir, Nilai Pendidikan Karakter, dan Bahan Ajar



Full Text:

PDF

References


Dweck, Carol S.. 2006. Mindset: The New Psychology of Success. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.

Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra Epistemilogi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAPS.

Prasetyo, Heru. 2015. Representasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia dalam Novel Presiden Prawiranegara Kisah 207 Hari Syafruddin Prawiranegara Memimpin Indonesia Karya Akmal Nasery Basral dan Rancangan Pembelajaran Sastra di Peerguruan Tinggi. Bandar Lampung: Universitas Lampung. (Tesis tidak diterbitkan)

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA press.

Semi, M. Atar. 1993. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Suprani. 2013. Pesan Moral dan Nilai Budaya Banten dalam Cerpen Anak pada Surat Kabar Pikiran Rakyat dan Kompas sebagai Pengembangan Sarana pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas VII SMPN 6 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol.20, N0.1, 5365.

Ratna, Nyoman Kutha. 2008. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusyana, Yus. 1984. Bahasa dan Sastra dalam Gamitan Pendidikan. Bandung: CV. Diponegoro. Waluyo, Herman J.. 2002. Drama, Teori, dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.

Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

http://rachmatsoegiharto.blogspot.co.id/2013/04/apa-sih-pola-pikir-itu.html (diakses pada 18 Januari 2017)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.