Pengembangan Lkpd Memahami Teks Cerpen Dengan Mengombinasikan Metode Sq3r Dan 5w+1h

Desembri Desembri, Munaris Munaris, Nurlaksana Eko Rusminto

Abstract


This study purposes to develop LKPD reading short story text by combining SQ3R and 5W + 1H methods, and to describe its worthiness in learning. This study uses research and development methods. Borg & Gall's research procedure is adapted into three stages: preliminary research, development of teaching materials, and teaching materials product. The data collection techniques used are questionnaires, observations, and interviews. A limited field trial was conducted at MTsN 1 Lampung Barat. Then, main field trials were held at MTsN 1 Lampung Barat, SMPN 1 Liwa, and MTs Darus Sholihin Hujung. The SQ3R and 5W + 1H methods are implemented at the pre-reading, reading and post-reading stages. The LKPD is able to create effective learnings. Where the result of the three t-tests show a difference of t-table and t-count that is very significant. And, the average score of posttests respondents is 70,87, with B predicate or "good" category. In conclusion, LKPD is worthly used.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD membaca teks cerpen dengan mengombinasikan metode SQ3R dan 5W+1H dan mendeskripsikan kelayakannya dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian Borg & Gall diadaptasi menjadi tiga tahap: penelitian pendahuluan, pengembangan bahan ajar, dan produk bahan ajar. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket, observasi, dan wawancara. Uji coba lapangan terbatas dilakukan di MTsN 1 Lampung Barat. Uji coba lapangan utama di MTsN 1 Lampung Barat, SMPN 1 Liwa, dan MTs Darus Sholihin Hujung. Metode SQ3R dan 5W+1H diimplementasikan pada tahap prabaca, membaca, dan pascabaca. LKPD mampu menciptakan pembelajaran yang efektif. Hasil uji t ketiganya menunjukkan perbedaan t tabel dengan t hitung sangat signifikan. Nilai rata-rata responden pascates 70,87 dengan predikat B kategori baik. Jadi, LKPD layak digunakan.

Kata kunci: bahan ajar, teks cerpen, metode SQ3R


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Chand, Ms Zakia Ali. 2010. Using SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) Method to improve reading comprehension abilities. CONFERENCE ON EDUCATION 22 -24 November 2010. Fiji: Fiji National University.

Nurhadi. 2016. Strategi Meningkatkan Daya Baca. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Setiyadi, Ag. Bambang. 2006. Metodologi Penelitian untuk Pengajaran Bahasa Asing Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tampubolon, DP. 2008. Kemampuan Membaca. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca Suatu Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wahyu, Sri dan Abd. Syukur Ibrahim. 2012. Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rafika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


7 togel

sedunia toto

slot gacor

rtp slot

situs toto

kingwoodcarcare.com

situs toto

ROGTOTO

ROGTOTO

toto togel

slot dana

slot dana

bo togel

bandar toto online

slot88

situs toto

situs toto

toto togel

togel online

slot777

topup murah

harapan777

situs toto

AMDBET

cie4d

slot thailand

slot gacor

slot online

slot maxwin

https://souzokuzei-fukuyama.com/declaration.html

situs toto

kas77