Pengembangan Lkpd Memahami Teks Cerpen Dengan Mengombinasikan Metode Sq3r Dan 5w+1h
Abstract
This study purposes to develop LKPD reading short story text by combining SQ3R and 5W + 1H methods, and to describe its worthiness in learning. This study uses research and development methods. Borg & Gall's research procedure is adapted into three stages: preliminary research, development of teaching materials, and teaching materials product. The data collection techniques used are questionnaires, observations, and interviews. A limited field trial was conducted at MTsN 1 Lampung Barat. Then, main field trials were held at MTsN 1 Lampung Barat, SMPN 1 Liwa, and MTs Darus Sholihin Hujung. The SQ3R and 5W + 1H methods are implemented at the pre-reading, reading and post-reading stages. The LKPD is able to create effective learnings. Where the result of the three t-tests show a difference of t-table and t-count that is very significant. And, the average score of posttests respondents is 70,87, with B predicate or "good" category. In conclusion, LKPD is worthly used.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD membaca teks cerpen dengan mengombinasikan metode SQ3R dan 5W+1H dan mendeskripsikan kelayakannya dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian Borg & Gall diadaptasi menjadi tiga tahap: penelitian pendahuluan, pengembangan bahan ajar, dan produk bahan ajar. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket, observasi, dan wawancara. Uji coba lapangan terbatas dilakukan di MTsN 1 Lampung Barat. Uji coba lapangan utama di MTsN 1 Lampung Barat, SMPN 1 Liwa, dan MTs Darus Sholihin Hujung. Metode SQ3R dan 5W+1H diimplementasikan pada tahap prabaca, membaca, dan pascabaca. LKPD mampu menciptakan pembelajaran yang efektif. Hasil uji t ketiganya menunjukkan perbedaan t tabel dengan t hitung sangat signifikan. Nilai rata-rata responden pascates 70,87 dengan predikat B kategori baik. Jadi, LKPD layak digunakan.
Kata kunci: bahan ajar, teks cerpen, metode SQ3R
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Chand, Ms Zakia Ali. 2010. Using SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) Method to improve reading comprehension abilities. CONFERENCE ON EDUCATION 22 -24 November 2010. Fiji: Fiji National University.
Nurhadi. 2016. Strategi Meningkatkan Daya Baca. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Setiyadi, Ag. Bambang. 2006. Metodologi Penelitian untuk Pengajaran Bahasa Asing Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tampubolon, DP. 2008. Kemampuan Membaca. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca Suatu Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wahyu, Sri dan Abd. Syukur Ibrahim. 2012. Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rafika Aditama.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
situs toto