Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Model Cooperative Integrated Reading And Composition
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) rencana pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) penilaian pembelajaran, dan (4) peningkatan pembelajaran menulis melalui model Coopretive Integrated Reading And Composition (CIRC). Penelitian ini menggunakan disain penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis melalui model Coopretive Integrated Reading And Composition pada siklus III, pada aspek penyusunan RPP telah mengacu pada Permendikbud No. 22 tahun 2016 dan disusun sangat baik, aspek pelaksanaan pembelajaran telah mengubah suasana pembelajaran menjadi lebih aktif, kreatif, dan menyenangkan, serta kemampuan menulis peserta didik mengalami peningkatan. Siklus I, diperoleh nilai rata-rata 67,57 kategori belum tuntas, siklus II, diperoleh nilai rata-rata 75,14 dengan kategori belum tuntas, dan pada siklus III, diperoleh nilai rata-rata sebesar 87,71 dengan kategori tuntas.
Kata kunci : kemampuan menulis, model CIRC, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Cahyani, Isah. 2012. Pembelajaran Menulis berbasis Karakter dengan Pendekatan Experiental Learning. Bandung: Program Studi Pendidikan Dasar UPI.
Kemdikbud RI. 2013. Pedoman Diklat Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta: Depdikbud.
Slavin, Robert. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset, Dan Praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Upaya meningkatkan Keterampilan menulis Teks Berita Melalui Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Plaosan Magetan Tahun Ajaran 2010/2011. Murtianis. 2011. Web. 29 April 2016, pukul 07.57
( https://eprints.uns.ac.id/ 10241/)
.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
situs toto