Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Berbasis Teks dengan Metode Cerpen-Gram

Sukistiono Sukistiono, Edi Suyanto, Siti Samhati

Abstract


The purpose of this research is to develop text-based short story writing materials with short story method for SMP class IX and describe the feasibility in learning. This research uses research and development method. Borg & Gall's research procedures are adapted into three stages: preliminary research, development of teaching materials, and teaching materials products. Data collection techniques used questionnaires, observations, and interviews. A limited field trial was conducted at SMPN 1 Banjit. Major field trials in SMPN 1 Baradatu, SMPN 2 Banjit, and SMPN 3 Baradatu. Quantitative data is converted to qualitative data to obtain a description of the data. The development of teaching materials begins with building context, modeling, preconstruction, and construction. The short-gram method is implemented at the pre-construction and construction stage. Teaching materials are able to create effective learning. The average value of respondents 83, learning completeness 89% when converted got A category "very good". So, teaching materials are worth using.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar menulis cerpen berbasis teks dengan metode cerpen-gram untuk SMP kelas IX dan mendeskripsikan kelayakannya dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian Borg & Gall diadaptasi menjadi tiga tahap: penelitian pendahuluan, pengembangan bahan ajar, dan produk bahan ajar. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument angket, observasi, dan wawancara. Uji coba lapangan terbatas dilakukan di SMPN 1 Banjit. Uji coba lapangan utama di SMPN 1 Baradatu, SMPN 2 Banjit, dan SMPN 3 Baradatu. Data kuantitatif dikonversi ke data kualitatif untuk mendapatkan deskripsi data. Pengembangan bahan ajar dimulai dengan membangun konteks, pemodelan, prakonstruksi, dan konstruksi. Metode cerpen-gram diimplementasikan pada tahap prakonstruksi dan konstruksi. Bahan ajar mampu menciptakan pembelajaran yang efektif. Nilai rata-rata responden 83, ketuntasan belajar 89% bila dikonversi mendapat A kategori sangat baik. Jadi, bahan ajar layak digunakan.

Kata kunci: bahan ajar menulis cerpen.


Full Text:

PDF

References


Depdikbud, 2016. Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdikbud.

Harsiati, Titik dkk. 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kemendikbud.

Jannah, Miftahul. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Teks Drama Berbasis Teks Biografi B.J. Habibie Untuk SMA/MA (Tesis). Bandarlampung: Universitas Lmpung.

Masroroh, Ana. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Cerpen Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) Untuk Siswa SMP/MTs. Diakses pada 2 Agustus 2016 pukul 21:10. http://eprints.uny.ac.id/27649/

Mawene, Aleda. 2015. Lagu Dan Cerpengram: Strategi Efektif Dan Menyenangkan Bagi Siswa Dalam Menulis Cerpen. Prosiding Seminar Internasional Membudayakan Menulis Kelas Dunia untuk Membangun Kualitas Pustaka (Upaya Peningkatan Bahan Pustaka di Tengah Canggihnya Teknologi Informasi). Jawa Timur: Surya Pena Gemilang.

Sun, Peng Kheng dan Hidayati, Lusi. 2016. Menggali Passion Menulis Cerpen dengan Cerpen-Gram. Jakarta: PT Gramedia.

Trianto, Agus.2014. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas IX. Jakarta: Kemendikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.