Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Biografi Merry Riana Mimpi Sejuta Dolar dan Kelayakannya

Nety Syafithri, Edi Suyanto, Farida Ariyani

Abstract


This study aimed to (1) describe the character educational values of figures based on the biography of Merry Riana in the Million Dollar Dream novel Endah Alberthiene work, and (2) describe feasibility of biography Merry Rianasbook as a teaching materials for student in SMA, especially learning the Indonesian language and literature. This study used qualitative descriptive through the stages of collection and classification of data reports. The results showed (1) characterization of the characters in the novel Dream of a Million Dollars obtained that Merry Riana as the main character has ten characters,i.e (a) religious, (b) discipline, (c) hard work, (d) a creative, (e) independently, (f) curiosity, (g) nationalism, (h) Communicative/Friendly, (i) likes to read, and (j) responsibility. (2) The relevance of the analysis of biographical Merry Riana in the story text biographies learning for high school students of class XI.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter tokoh berdasarkan biografi Merry Riana dalam buku Mimpi Sejuta Dolar karya Alberthiene Endah, dan (2) mendeskripsikan kelayakan kajian biografi Merry Riana sebagai bahan ajar di SMA khususnya pada pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui tahap pengumpulan dan klasifikasi data laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) karakterisasi tokoh dalam buku Mimpi Sejuta Dolar didapat bahwa Merry Riana sebagai tokoh utama memiliki sepuluh karakter yaitu (a) religius, (b) disiplin, (c) kerja keras, (d) kreatif, (e) mandiri, (f) rasa ingin tahu, (g) cinta tanah air, (h) komunikatif (i) gemar membaca, dan (j) tanggung jawab. (2) Kelayakan kajian biografi Merry Riana sebagai bahan ajar dapat diterapkan dalam pembelajaran teks cerita ulang biografi untuk peserta didik di tingkat SMA kelas XI.

Kata kunci: biografi, kelayakan, bahan ajar, pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. 2004. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: SinarBaru Al-Gensindo.

Kemendiknas Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurgiantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University.

Rafiek, M. 2013. Pengkajian Sastra: Kajian Praktik. Bandung: Refika Aditama

Sarumpaet, R.K.T. 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Semi, Atar. 2012. Metode Penelitian Sastra.Bandung: Angkasa.

Sujarweni, Wiratna. 2014. SPSS Untuk Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Baru Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.