Penerapan Model Pembelajaran KTRI Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan SMP Padangratu

Saadah Saadah, Mulyanto Widodo, Edi Suyanto

Abstract


The purposes of this research were to analyzed and describe (1) learning process and activity in writing magnificent and systematic report text within Recreation-Investigation type of collaborative learning model, and (2) increasing students writing report ability at the second grade of SMPN Satu Atap 2 Padangratu. This research used action research. The researchs design used to invention using three cycles learning. The data collections technique used in this research were Test and Non-Test which involves, observation, interview, and documentation. Data analysis used the mix of quantitative and qualitative technique which has explained in form of descriptive explanation. The result of this research increased through cycles in each cycle.The teacher arranged learning plan, making process, and evaluated the ability in writing used Recreation-Investigationtype of collaborative model in learning Indonesian language for the students of the second grade at SMPN Padangratu. The result of this research increased, and reached the target.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganilisis dan mendeskripsikan (1) Proses dan aktivitas pembelajaran menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar dengan model Kolaboratif Tipe Rekreasi-Investigasi (KTRI) dan (2) Peningkatan kemampuan menulis laporan di kelas VIII SMPN Satap 2 Padangratu. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan (Action Reseach). Desain penelitian yang digunakan adalah penemuan, menggunakan III siklus pembelajaran, penelitian Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan tes dan non tes yang meliputi pengamatan (observasi), wawancara (interview), serta dokumentasi. Analisis datanya adalah menggunakan gabungan dari kuantitatif dan kualitatif kemudian disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menjadi lebih baik dalam setiap siklus. Guru menyusun perencanaan pembelajaran, melakukan proses, dan mengevaluasi kemampuan menulis yang menggunakan model Kolaboratif Tipe Rekreasi-Investigasi (KTRI) pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN Padangratu. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dan mencapai target.

Kata Kunci: kemampuan menulis, laporan, Kolaboratif Tipe Rekreasi-Investigasi (KTRI)


Full Text:

PDF

References


Budimansyah. 2004. Belajar Kooperatif Model Penyelidikan Kelompok dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas V SD. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program studi pendidikan Bahasa dan Sastra SD, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Dick & Carey. 2001. The Systematic Designo f Instruction. Fifth Edition: Longman.

Dilworth, J.B.1992. Oprations Management: Design, Planing, and Control Manufacturing Services. Newyork: Mc Graw- Hill. Inc.

Gunter, M. A., Estes, T. H., & Schwab, J.H. 1990. Intruction: A models approach. Bostan: Allyn and Bacon.

Hamalik,Oemar.2008. Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: Sinar Grafika.

Joyce, B., & Weil, M. 1980. Model of teaching. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Padmo, Dewi. 2002. Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Setyaningsih, Nas Haryati. Jurnal Model Kolaboratif Tipe Investigasi Kelompok Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Apresiasi Prosa Mahasiswa.Tahun 2014, No.1 : X

Slamet, St. Y. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Sebelas Maret University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.