Tindak Tutur Anak TK ABA dan Pengembangannya Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Animasi

Delvi Iskandar, Nurlaksana Eko Rusminto, Munaris Munaris

Abstract


The study aims to describe the speech acts of grade B of TK ABA and develop the results of research as a medium of learning language skills in TK. The development model used to develop the research results into learning media using DDD-E model.The result of research showing assertives speech act based on direction, indirection and literalation, inliteralation include in direct literal of speech act. A directives speech act based on direction, indirection and literalation, inliteralation include in direct an indirect literal. An expressive based on direction, indirection and literalation, inliteralation include in direct literal of speech act. An commissive from the direction, indirection and literalation, inliteralation include in direct literal. Education media language skill based on animation that improved from the result of research can be used by teachers and student in education at TK.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur anak kelas B TK ABA dan mengembangkan hasil penelitian menjadi media pembelajaran kemampuan berbahasa di TK. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan hasil penelitian menjadi media pembelajaran menggunakan model DDD-E. Hasil penelitian menunjukan tindak tutur asertif berdasarkan kelangsungan dan ketidaklangsungan serta keliteralan dan ketidakliteralannya tergolong ke dalam tindak tutur langsung literal. Tindak tutur direktif berdasarkan kelangsungan dan ketidaklangsungan serta keliteralan dan ketidakliteralannya dapat digolongkan ke dalam tindak tutur langsung literal dan tindak tutur tidak langsung literal. Tindak tutur ekspresif berdasarkan kelangsungan dan ketidaklangsungan serta keliteralan dan ketidakliteralannya tergolong ke dalam tindak tutur langsung literal. Tindak tutur komisif berdasarkan kelangsungan dan ketidaklangsungan serta keliteralan dan ketidakliteralannya tergolong ke dalam tindak tutur langsung literal. Tindak tutur ekspresif berdasarkankelangsungan dan ketidaklangsungan serta keliteralan dan ketidakliteralannya tergolong ke dalam tindak tutur langsung literal. Media pembelajaran kemampuan berbahasa berbasis animasi yang dikembangkan dari hasil penelitian dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran di TK

Kata kunci: tindak tutur, media pembelajaran,animasi.



Full Text:

PDF

References


Austin, J.L.1995.How To Do Things With Words. New York: Oxford University Press.

Dardjowidjojo, Soenjono.2000. Echa : Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta : Gramedia.

Dardjowidjojo, Soenjono.2008. Psikolinguistik : Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Moleong, J.L. 2007.Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiono.2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Yuniarti . 2010. Kompetensi Tindak Tutur Direktif Anak Usia Prasekolah (Kajian pada Kelompok Bermain Anak Cerdas P2PFNI Regional II Semarang).Semarang : Universitas Diponegoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.