Perilaku Tokoh dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Pasung Jiwa dan Implikasinya

Siti Nurlaili, Munaris Munaris, Edi Suyanto

Abstract


The purpose of this study is to describe the behavior of characters, the values of character education and development as a literary material in high school with a source of novel data Pasung Jiwa. The method used in this research is descriptive qualitative method. Development as a teaching material in this study using Borg and Gall's research and development. The results showed that there are psychiatric behaviors in personality structure, personality dynamics, defense mechanism, and aggressive behavior. Despitefully, there are values of character education that are religious values, tolerance, discipline, hard work, independent, democratic, sense of knowing, spirit of nationalism and nationalism, respect for achievement, communicative, peace loving, reading, social care and responsibility. This research produces product of literary teaching materials in the form of Student Activity Sheet (SAS). Selection of a good novel and as needed will result in good literary learning as well.

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan perilaku tokoh, nilai-nilai pendidikan karakter dan pengembangan sebagai bahan ajar sastra di SMA dengan sumber data novel Pasung Jiwa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengembangan sebagai bahan ajar dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan research and development (R&D) Borg and Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perilaku kejiwaan pada tokoh berupa struktur kepribadian, dinamika kepribadian, mekanisme pertahanan, dan perilaku agresif. Di samping itu, terdapat nilai-nilai pendidikan karakter yaitu nilai religius, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ngin tahu, semangat kebangsaan dan nasionalisme, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. Penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar sastra berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS).

Kata kunci: perilaku tokoh, nilai pendidikan karakter, novel, bahan ajar


Full Text:

PDF

References


Abrams, M.H. 1981. A Glossary of Literary Terms. New York: Holt, Rinehart an Winston.

Freud, Sigmund. 1986. Sekelumit Sejarah Psikoanalisa (terjemahan). Jakarta: Gramedia.

Minderop, Albertine. 2010. Psikologi Sastra (Karya Sastra, Meode, Teori, dan Contoh Kasus). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Moleong, J. Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, Sumadi. 1993. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Manajemen PT Raja Grafindo Persada.

Sarumpaet, R.K.T. (2010). Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.