Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Model Project Based Learning pada Peserta Didik SMP
Abstract
The purpose of this research was to describe the improvement of writing skill through project based learning model students in class VII D State Junior High School 1 Tumi Jajar in academic year 2015/2016. This research is a Classroom Action Research conducted in three cycles. The result of improving the ability to write text in class VII D State Junior High School 1 Tumi Jajar implementing project based learning model has increased from pre-cycle, cycle I, cycle II, and cycle III. In prasiklus learners get an average score of 66.57 and learners who reach KKM 12.50%, cycle I average score of 73.57 and learners who reach KKM 18.75%, cycle II average value 80 , 28 and students who reach KKM 25%, cycle III average value 89,89 and learners reaching KKM 84,38%.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis melalui model project based learning pada peserta didik kelas VII D SMP Negeri 1 Tumi Jajar tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Hasil peningkatan kemampuan menulis teks dikelas VII D SMP Negeri 1 Tumijajar yang menerapkan model PBL mengalami peningkatan dari prasiklus, siklus I, siklus II, dan siklus III. Pada prasiklus peserta didik memperoleh nilai rata-rata 66,57 dan peserta didik yang mencapai KKM 12,50%, siklus I nilai rata-rata 73,57 dan peserta didik yang mencapai KKM 18,75%, siklus II nilai rata-rata 80,28 dan peserta didik yang mencapai KKM 25%, siklus III nilai rata-rata 89,89 dan peserta didik yang mencapai KKM 84,38%.
Kata kunci: model project based learning, menulis teks.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. 2006. ProsedurPenelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rieneka Cipta.
Isnatun, Siti dan Umi Farida. 2013. Mahir Berbahasa Indonesia. Bogor: Yudistira.
Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Setiyadi, Bambang Ag. 2006. Metode Penelitian untuk Pengajaran Bahasa Asing. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suhardjono, Supandi. 2011. Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Andi.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Pengajaran membaca. Bandung: Ganesa.
Refbacks
- There are currently no refbacks.