TINDAK TUTUR PADA IKLAN PRODUK MAKANAN CEPAT SAJI DI TELEVISI DAN IMPLIKASINYA

Rian Andri Prasetya, Siti Samhati

Abstract


The problems that the author adopted in this study, that the speech act on fast-food advertising products on television and their implications in the Indonesian language learning in junior high school. This study used descriptive qualitative method. The results showed that the speech act on advertising fast food on television using speech acts directly literal and speech acts indirectly literal with a variety of communicative function that serves to attract consumers by providing deals involving various expressions of feelings as well as information about the menus offered. The results of this study may also be implicated in learning Indonesian in junior high school as a source of student learning in the learning text exposition.

Permasalahan yang penulis angkat pada penelitian ini, yakni tindak tutur pada iklan produk makanan cepat saji di televisi dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur pada iklan makanan cepat saji di televisi menggunakan tindak tutur langsung literal dan tindak tutur tidak langsung literal dengan berbagai fungsi komunikatifnya yang berfungsi menarik konsumen dengan cara memberikan penawaran dengan melibatkan berbagai ekspresi perasaan serta informasi-informasi mengenai menu-menu yang ditawarkan. Hasil penelitian ini juga dapat diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP sebagai sumber belajar siswa dalam pembelajaran teks eksposisi.

Kata kunci : tindak tutur, iklan, makanan, cepat saji.


Full Text:

PDF

References


Brown, Gillian dan George Yule. 1983. Analisis Wacana. Terjemahan I.

Soetikno. 1996. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Cummings, Louise. 2007. Pragmatik Sebuah Perspektif Multidisipliner. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Keraf, Gorys. 1985. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan

Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


7 togel

sedunia toto

slot gacor

rtp slot

situs toto

kingwoodcarcare.com

situs toto

ROGTOTO

ROGTOTO

toto togel

slot dana

slot dana

bo togel

bandar toto online

slot88

situs toto

situs toto

toto togel

togel online

slot777

topup murah

harapan777

situs toto

AMDBET

cie4d

slot thailand

slot gacor

slot online

slot maxwin

https://souzokuzei-fukuyama.com/declaration.html

situs toto

kas77

Slot gacor

slot

link jepang88

neng4d kangtoto kangtoto2

judi slot

slot gacor

barbartoto

barbartoto

toto slot

slot depo 5k

winter 4d

situs slot

toto slot 4d

toto

slot depo 10k

slot gacor

pedro4d

https://lestrarflodhestar.is/clients/

borneo303

situs gacor hari ini

katakwin

kenzototo

macauslot88

judi bola

slot gacor

LIBRA168

sensa138

tvtogel

slot gacor

SLOT GACOR 777

slot online

Podcast88

amanahtoto

slot gacor

slot

sukaspin

slot minimal depo 10k

slot777

slot gacor

slot gacor

paham777

togel macau

slot

slot gacor

7dewa

jablay123

slot gacor hari ini

slot gacor

slot

slot gacor

baut777

slot gacor

binus4d

GORILA39

toto282

slot gacor

dirgahayu4d

slot88

slot demo

slot gacor

jepara toto

dewapokerqq

gocengqq

mesinqq

slot gacor

slot hoki

slot gacor

sendok88

situs88

situs qq

slot online

BOLA SBO

slot

ASIAN4D

slot88 slot

toto slot

Slot Gacor

slot gacor

https://www.cambridgehub.org/contact

https://fsrenevis.com/caribbean-citizenship/

https://staging.prorace.be/faq/

slotgacor88

slot gacor

asian4d daftar

asian4d daftar

situs slot gacor

yolo4d

raja vigor

slot gacor

slot

racik198

slot online