TINDAK TUTUR PADA IKLAN PRODUK MAKANAN CEPAT SAJI DI TELEVISI DAN IMPLIKASINYA

Rian Andri Prasetya, Siti Samhati

Abstract


The problems that the author adopted in this study, that the speech act on fast-food advertising products on television and their implications in the Indonesian language learning in junior high school. This study used descriptive qualitative method. The results showed that the speech act on advertising fast food on television using speech acts directly literal and speech acts indirectly literal with a variety of communicative function that serves to attract consumers by providing deals involving various expressions of feelings as well as information about the menus offered. The results of this study may also be implicated in learning Indonesian in junior high school as a source of student learning in the learning text exposition.

Permasalahan yang penulis angkat pada penelitian ini, yakni tindak tutur pada iklan produk makanan cepat saji di televisi dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur pada iklan makanan cepat saji di televisi menggunakan tindak tutur langsung literal dan tindak tutur tidak langsung literal dengan berbagai fungsi komunikatifnya yang berfungsi menarik konsumen dengan cara memberikan penawaran dengan melibatkan berbagai ekspresi perasaan serta informasi-informasi mengenai menu-menu yang ditawarkan. Hasil penelitian ini juga dapat diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP sebagai sumber belajar siswa dalam pembelajaran teks eksposisi.

Kata kunci : tindak tutur, iklan, makanan, cepat saji.


Full Text:

PDF

References


Brown, Gillian dan George Yule. 1983. Analisis Wacana. Terjemahan I.

Soetikno. 1996. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Cummings, Louise. 2007. Pragmatik Sebuah Perspektif Multidisipliner. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Keraf, Gorys. 1985. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan

Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.