PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA SISWA KELAS VIIA

Didit Aryani, Edi Suyanto

Abstract


This study aimed to analyze and describe the lesson plan, the implementation of learning, assessment of learning, the student news listening skills class VII A SMP Taman Siswa Telukbetung Bandarlampung with the used of audio-visual media. The method used is classroom action research. The results of this study shows, news listening lesson plan with the use of audio-visual media have been prepared very well. Implementation of learning to listen to the news with the used of audio-visual media has changed the learning environment becomes more attractive and have increased student activity in learning. Improved listening skills with the use of audio-visual media, namely the average value on prasiklus 54.23, 69.21 in the first cycle and the second cycle into 78.16.

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan kemampuan menyimak berita siswa kelas VIIA SMP Taman Siswa Telukbetung Bandarlampung dengan pemanfaatan media audio visual. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukkan, RPP menyimak berita dengan pemanfaatan media audio visual telah disusun dengan sangat baik. Pelaksanaan pembelajaran menyimak berita dengan pemanfaatan media audio visual telah mengubah suasana pembelajaran menjadi lebih menarik dan telah meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Peningkatan kemampuan menyimak dengan pemanfaatan media audio visual yaitu nilai rata-rata pada prasiklus 54,23 , pada siklus satu 69,21, dan pada siklus dua menjadi 78,16.

Kata kunci: media audio visual, menyimak, berita.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Ode, Elijah Ojowu. 2014. Impact of Audio-Visual (AVs) Resources on Teaching ang Learning in Some Selected Private Secondary Schools in Makurdi. IMPACT: International of Journal of Research in Humanities, Arts and Literature (IMPACT: IJRHL) ISSN(E):2321-8878; ISSN(P): 2347-4564 Vol.2, Issue 5, May 2014, 195-202.

Tarigan, Hendri Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.