PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI METODE KOOPERATIF (STAD) SISWA KELAS VIII

Silfia Silfia, Edi Suyanto

Abstract


The problem in this research was the improvement of writing skills through cooperative methods students team achievement division (STAD) in class VIII G SMPN 2 Negeri Katon Pesawaran the school year 2015/2016. This study aimed to analyze and describe (1) the processes and activities of learning to write instructions to do something with the methods of cooperative (STAD) and (2) an increase in skill of writing instructions to do something in class VIII G of SMPN 2 Negerikaton Pesawaran after following the learning process with cooperative learning methods (STAD). The results showed an increase and reached the target value of at least 75. The pre-aycle test results obtained the average value of 68.27 and the first cycle values obtained an average of 74.78. This means an increase of 6.51%. In the second cycle, values obtained an average of 83.56. This means an increase from the first cycle to the second cycle of 8.78%.

Masalah dalam penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis melalui metode kooperatif tipe student team achievement division (STAD) pada siswa kelas VIII G SMPN 2 Negeri Katon Pesawaran tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan (1) proses dan aktivitas pembelajaran menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan metode kooperatif tipe (STAD) dan (2) peningkatan keterampilan menulis petunjuk melakukan sesuatu pada siswa kelas VIII G SMPN 2 Negerikaton Pesawaran setelah mengikuti pembelajaran dengan metode kooperatif tipe (STAD). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dan mencapai target nilai minimal 75. Hasil tes prasiklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 68,27 dan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,78. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 6,51%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,56. Hal ini berarti terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 8,78%.

Kata Kunci: keterampilan menulis, siswa, metode kooperatif tipe (STAD).


Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti, dkk. 1996. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Depdiknas. 2007. Menulis Surat, Iklan, dan Poster. Jakarta: Depdiknas.

Janah, Miftachul. 2008. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Metode Group Investigation pada Kelas VIIIE SMP Negeri 2 Ulujami Pemalang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Kunandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Press.

Tarigan. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.