PENGEMBANGAN BAHAN AJAR APRESIASI PUISI KONTEMPORER BERBASIS MODEL SUCHMAN

Herni Idayati, Munaris Munaris, Muhammad Fuad

Abstract


This research aimed to develop teaching materials in the form of appreciation of contemporary poetry worksheets based on Suchman models for high school students of class XII. In the model, there are five steps of learning. This research method used techniques of qualitative and quantitative data analysis, through research and development Borg and Gall. The results of the analysis of students and teachers to the development of teaching materials in teaching appreciation of contemporary poetry in three (3) high school in Pesawaran, shows that students have sufficient interest, on teachers indicated that the teaching materials need to be developed. Based on the identification of material development strategy, it is feasible by combining the strengths and weaknesses of learning of the opportunities and threats (SWOT analysis).

Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar berupa LKS apresiasi puisi kontemporer berbasis model Suchman untuk siswa kelas XII SMA. Dalam model Suchman terdapat lima langkah pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif, melalui modifikasi penelitian pengembangan Borg dan Gall. Hasil analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap pengembangan bahan ajar pembelajaran apresiasi puisi kontemporer pada 3 (tiga) sekolah SMA di Pesawaran, menunjukkan bahwa siswa memiliki minat yang cukup, pada guru menunjukkan bahwa bahan ajar sangat perlu dikembangkan. Berdasarkan identifikasi strategi pengembangan bahan ajar yang layak dilakukan dengan mengkombinasikan kekuatan dan kelemahan pembelajaran terhadap peluang dan ancaman (analisis SWOT).

Kata kunci: bahan ajar, lembar kegiatan siswa, model suchman.


Full Text:

PDF

References


Aminuddin. 2014. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2008. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah B. 2014. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wardarita, Ratu. 2014. Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia. Palembang: Elmatera.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


7 togel

sedunia toto

slot gacor

rtp slot

situs toto

kingwoodcarcare.com

situs toto

ROGTOTO

ROGTOTO

toto togel

slot dana

slot dana

bo togel

bandar toto online

slot88

situs toto

situs toto

toto togel

togel online

slot777

topup murah

harapan777

situs toto

AMDBET

cie4d

slot thailand

slot gacor

slot online

slot maxwin

https://souzokuzei-fukuyama.com/declaration.html

situs toto

kas77